Sukses

Indonesia Pasar Terbesar Instagram di Asia dengan 45 Juta User

Liputan6.com, Jakarta - Platform berbagi foto dan video singkat Instagram memiliki 45 juta pengguna aktif di Indonesia. Jumlah ini meningkat signifikan dibanding awal 2016 yakni sebesar 22 juta pengguna aktif.

Berdasarkan keterangan resmi Instagram yang diterima Tekno Liputan6.com, Rabu (26/7/2017), banyaknya pengguna aktif Instagram membuat Indonesia memiliki komunitas terbesar Instagram di Asia Pasifik.

Bahkan, Indonesia menjadi salah satu pasar terbesar Instagram di dunia. Sekadar diketahui, kini pengguna aktif Instagram di dunia tercatat 700 juta per bulannya.

"Di Indonesia, saat ini ada lebih dari 45 juta pengguna aktif Instagram setiap bulan, sehingga Indonesia menjadi komunitas Instagram terbesar di Asia Pasifik," kata Country Director Facebook Indonesia Sri Widowati.

Wido mengatakan, bagi masyarakat Indonesia berbagi momen merupakan bagian dari budaya. Tidak mengherankan jika Indonesia menjadi salah satu penghasil konten Instagram Story terbanyak.

"Penggguna di Indonesia mengunggah hampir dua kali lebih banyak konten Instagram Story dari jumlah rata-rata secara global," tuturnya.

Instagram untuk Bisnis

Besarnya pertumbuhan konten ini memperlihatkan semangat komunitas Instagram di Indonesia untuk berbagi cerita, mengembangkan minat, serta mempererat jejaring lewat kegiatan InstaMeet di Jakarta. Kegiatan ini merupakan InstaMeet terbesar di dunia.

Komunitas Instagram yang juga terbentuk dari kesamaan minat turut berperan dalam memperkuat hubungan individu dan bisnis.

Merujuk data Instagram, 80 persen pengguna di Indonesia mengikuti satu akun bisnis dan sepertiga konten Instagram Story yang paling banyak dilihat berasal dari akun-akun bisnis.

Hal ini dianggap membuktikan peran Instagram untuk mendukung pertumbuhan berbagai bisnis lokal, khususnya UMKM di Indonesia. Salah satu penggunaan Instagram untuk keperluan bisnis adalah toko online Blibli.com.

Blibli menjadi perusahaan Indonesia pertama yang menggunakan format visual Instagram terbaru, yaitu iklan di Instagram Story dengan hasil yang cukup baik.

(Tin/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Xiaomi Jual 25 Juta Unit Smartphone di India
Artikel Selanjutnya
Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal