Sukses

Apa Sih Untungnya Punya Ponsel Sistem IDOS

Liputan6.com, Jakarta Seiringnya teknologi berkembang, tingkat kegunaan smartphone pun terus meningkat. Namun, semakin canggihnya sistem ponsel dimanfaatkan pula oleh para penjahat cyber dengan melakukan aksi pencurian data. Salah satunya menyisipkan malware dalam sebuah aplikasi.

Hal ini tentu menjadi momok yang menakutkan bagi pengguna smartphone saat ini. Pasalnya, bisa saja para pelaku melakukan pencurian data kontak telepon bahkan menjebol sistem transaksi perbankan.

Bisa dibilang, ponsel telah menjadi tempat di mana pengguna menyimpan data-data yang sifatnya pribadi. Ingat, hampir semua aktivitas seseorang dilakukan melalui smartphone.

Maka dari itu, penting bagi Anda memilih ponsel yang canggih dalam menjaga keamanan data ponsel.

Merujuk hal itu, salah satu produsen ponsel pintar kini telah mempunyai sistem keamanan ganda, yaitu Advan G1 PRO. Sistem itu mampu memberikan keamanan pada ponsel melalui operasi IDOS (Indonesia Operating System) 6.1 yang terpasang pada ponsel tersebut.

Namun sebelum itu, apa sih untungnya memiliki ponsel yang mempunyai sistem keamanan tersebut ? berikut penjelasannya.

Perlindungan ganda

Teknologi keamanan yang canggih kini banyak dicari oleh pengguna ponsel. Mereka mencari fitur yang tidak mungkin dijebol oleh orang iseng. Memang saat ini hampir setiap ponsel pintar sudah memiliki fitur mengunci ponsel.

Namun hal itu dinilai belum cukup, pengguna perlu memiliki perlindungan ganda untuk menjaga kerahasiaan ponsel miliknya.
Antarmuka fitur XLocker di smartphone Advan G1 Pro.

Tetapi, saat ini sudah ada ponsel pintar yang mempunyai sistem penguncian ganda. Dengan memberikan fitur XLocker, ponsel tersebut mempunyai dua pintu untuk membuka ponselnya. Pertama melalui Face Unlock. Anda bisa membuka aplikasi hanya dengan wajah Anda sebagai pemiliknya.

Kedua melalui Intruder Selfie. Fitur ini menarik karena jika ada seseorang yang sengaja membuka aplikasi pada ponsel Anda, maka secara otomatis ponsel akan menjepret foto si pelaku. Nah, Anda akan mengetahui siapa yang ingin membuka ponsel tersebut.

Menjaga data pribadi

Dengan mempunyai ponsel sudah tentu Anda akan memiliki dokumen atau data yang sifat rahasia, misalnya data kartu kredit. Sudah tentu Anda akan menjaga kerahasian data tersebut.

Maka dari itu, kini sudah ada fitur yang bisa menyembunyikan data-data tersebut yaitu Ruang Privasi. Pengguna dapat menyimpan kontak pribadi, SMS, gambar, video, aplikasi dan file lainnya di Ruang privasi untuk menjamin keamanan privasi sepenuhnya. Dan yang terpenting hanya Anda yang bisa membuka file-file tersebut.

Ruangan khusus

Pernahkah Anda cemas saat meminjamkan ponsel Anda ke seseorang termasuk dengan teman. Ya, kecemasan takut data atau foto pribadi dicuri.

Nah, kini sudah ada fitur pada ponsel pintar untuk membagi space bagi seseorang yang ingin pinjam ponsel Anda. Bernama Guest Mode, fitur ini akan memberikan ruang lebih bagi seseorang yang ingin pinjam ponsel tersebut. Jadi, mereka tidak akan bisa masuk atau membuka file atau gambar milik Anda.

Aman dari peretas

Pencurian data melalui aplikasi atau malware sering dialami beberapa orang. Terkadang seseorang merasa terjebak karena tidak sengaja membuka aplikasi yang sudah disusupi malware. Bukan tak mungkin, hal ini perlu penangganan khusus agar ponsel tidak terkena malware.

Salah satu keunggulan dari IDOS ialah mampu memproteksi data pembayaran saat bertransaksi online dengan mengenkripsi data pengguna ponsel

Beberapa produsen ponsel sudah memiliki cara agar tidak ditembus oleh malware, namun salah satu fitur yang aman dari pencurian itu adalah dengan sistem enkripsi data.

Fitur itu mampu mengenkripsi seluruh data menjadi sulit untuk ditembus oleh penjahat cyber. Tak hanya itu, bagi Anda yang kerap belanja online, melalui sistem ini mampu melindungi data pengguna dengan sistem enkripsi serta ber-password ketika bertransaksi atau berbelanja online, sehingga data-data yang terkirim hanya bisa dibuka oleh penerima saja.

Ya, semua itu tersemat pada ponsel Advan G1 PRO. Dengan dibanderol Rp1,799.000 ponsel itu memiliki sistem operasi IDOS 6.1 dinilai memberikan keamanan lebih bagi pemilik smartphone tersebut.

Untuk info lebih lanjut klik tautan ini.

 

Artikel Selanjutnya
Begini Shandy Aulia dan Suami Selesaikan Pertengkaran
Artikel Selanjutnya
10 Teknologi Ini Diciptakan Untuk si Pemalas, Kamu Punya?