Sukses

Apple Kucurkan Miliaran Dolar untuk Panel OLED LG?

Liputan6.com, Jakarta - LG Display mengucurkan dana segar 9,6 triliun won atau sekira US$ 8,50 miliar untuk produksi panel OLED. Keputusan tersebut dilaporkan karena Apple bersedia memberikan dukungan finansial untuk meningkatkan produksi OLED.

Dilansir dari The Investor, Jumat (28/7/2017), LG dan Apple menolak mengomentari rencana pendanaan tersebut. Namun menurut sejumlah pengamat industri, Apple kemungkinan sudah memutuskan mengalirkan dana investasi untuk LG lebih dari 2 triliun won atau berkisar US$ 1,8 miliar.

Investasi sebesar 9,6 triliun won dilaporkan lebih besar daripada dana cadangan yang dimiliki LG sebanyak 7 triliun won. Unit bisnis LG itu mendapatkan suntikan dana tambahan dari Apple, sehingga perusahaan bisa meningkatkan produksi OLED. Di sisi lain, investasi ini juga penting bagi Apple karena iPhone dilaporkan akan beralih menggunakan layar OLED.

"Jika dana dari Apple belum dikonfirmasi, manajemen LG Display tidak mungkin akan mengeluarkan dana besar," kata seorang pengamat industri yang identitasnya diminta untuk dirahasiakan.

Dari total 9,6 triliun won, LG Display berencana menyisihkan 5 triliun won untuk produksi OLED mobile di Korsel. Sisanya untuk panel OLED besar TV di Korsel dan Tiongkok.

Sejumlah sumber mengatakan, LG Display akan memiliki lini produksi baru bernama E6 yang kemungkinan untuk iPhone saja. "LG Display telah mengukur keuntungan dari pesanan iPhone dengan margin rendah. Dengan pendanaan Apple, perusahaan akan bisa mengurangi risiko dan meningkatkan keuntungan," tutur seorang sumber.

LG Display selama ini dilaporkan melakukan berbagai usaha untuk menjadi pemasok OLED kedua bagi Apple, tapi rencana tersebut tidak berjalan begitu mulus karena perusahaan masih harus berusaha agar bisa memenuhi kriteria kualitas iPhone yang sangat ketat, termasuk mesin vakum Canon Tokki. Mesin ini adalah peralatan produksi OLED paling canggih, tapi pasokannya sangat terbatas.

"Di tengah kendala beberapa bagian kunci seperti layar dan chip untuk iPhone 8, Apple kini tampak bersedia membayar lebih untuk pasokan bagian-bagian yang stabil," ungkap sumber.

Menurut sumber itu, alasan lain LG Display meningkatkan produksi OLED yaitu untuk memperkuat negosiasi dengan para manufaktur peralatan yang dibutuhkan. Salah satu mitra yang dimaksud adalah Canon Tokki, yang selama ini berhubungan dekat dengan rival utama LG, Samsung. *

(Din/Why) 

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Google Rogoh Rp 40 Triliun untuk Jadi Mesin Pencari iPhone?
Artikel Selanjutnya
Bangkrut, Vertu Lelang Smartphone Mahal untuk Bayar Utang