Sukses

Evolusi iPod Besutan Apple dari Tahun ke Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, Apple mengumumkan akan menyetop penjualan iPod Nano dan iPod Shuffle. Perusahaan asal Cupertino itu juga telah menghapus kedua produk tersebut dari situs web Apple.

Sebagai gantinya, Apple masih mempertahankan iPod Touch dan merilis pembaruan teranyar sejak terakhir kali melakukannya pada 2015. Namun sebelum benar-benar menghilang, tak ada salahnya menengok evolusi iPod yang pertama kali meluncur 2001.

Saat memulai debutnya, CEO Apple Steve Jobs menawarkan sebuah perangkat yang benar-benar revolusioner. Berbekal memori internal 5GB, Jobs menjanjikan iPod generasi pertama mampu menyimpan hingga 1.000 lagu dan muat dalam kantong. 

Selang tiga tahun kemudian, Apple menghadirkan iPod generasi terbaru yang hadir dengan sejumlah perubahan mendasar. Salah satunya adalah kehadiran click wheel sebagai alat navigasi. Tak hanya itu, untuk kali pertama iPod dibekali dengan layar berwarna.

Di tahun yang sama, Apple juga menambah seri terbaru pada iPod. Jobs memperkenalkan seri anyar ini sebagai iPod mini. Memiliki desain yang ringkas, perangkat yang hanya memiliki kapasitas 5GB ini pun dengan cepat menuai sukses.

Kendati demikian, seri ini nyatanya hanya bertahan hingga generasi kedua. Seperti dikutip dari Tech Crunch, Sabtu (29/7/2017)Apple memilih menggantikannya dengan lini iPod Nano yang diperkenalkan pada 2005.

Nano pun dengan cepat menjadi variasi andalan Apple untuk iPod. Perusahaan asal Cupertino itu sampai sekarang telah merilis tujuh model iPod Nano, dengan perubahan besar-besaran dilakukan pada 2012.

Meski sudah merilis Nano, Apple juga memperkenalkan versi iPod yang lebih kecil yaitu shuffle. Keputusan Apple untuk menanggalkan layar pada perangkat ini membuat shuffle hadir dengan ukuran yang lebih kecil dan ringan.

Setahun kemudian, generasi shuffle kedua ternyata dibuat lebih kecil dengan bobot jauh lebih ringan. Perangkat ini memiliki model seperti clip-on dengan ukuran setengah kali lebih kecil dari versi pendahulunya.

Apple lantas merilis iPod Classic pada 2007 yang memiliki desain seperti iPod generasi perdana dan dibekali memori 160GB. Di tahun yang sama, meluncur pula iPod Touch yang kerap dipanggil iPhone tanpa kemampuan seluler. Versi Touch pula yang masih dipertahankan hingga kini.

(Dam/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini : 

 

Artikel Selanjutnya
Analis: AirPods Bakal Kuasai Pasar Headset Wireless Dunia
Artikel Selanjutnya
Drama Keterbatasan Pasokan iPhone 8 Masih Berlanjut