Sukses

Unik, Robot Ini Dirancang dengan Konsep Origami

Robot ini memiliki ketebalan enam millimeter dan berat 26 gram yang terbuat dari beberapa lapisan datar seperti origami.

Liputan6.com, Jakarta - Saat masih sekolah, kita pasti pernah diajarkan kerajinan tangan seni melipat kertas atau populer dengan sebutan origami. Biasanya, origami yang mudah dibuat adalah bunga, kapal, hingga rumah.

Salah satu hal yang mengasyikkan dari origami adalah seni ini dapat mengasah kreativitas dan ketekunan dalam membuat beragam bentuk. Namun, bagaimana jika ada robot dengan konsep origami?

Adalah tim peneliti dari École Polytechnique Fédérale de Lausanne, atau Institut Teknologi Federal Swiss yang mengembang robot dengan konsep origami tersebut.

Robot ini memiliki ketebalan enam millimeter dan berat 26 gram yang terbuat dari beberapa lapisan datar. Menariknya, lapisan ini bisa dilipat seperti origami untuk membentuk robot tiga dimensi.

https://www.vidio.com/watch/801985-peneliti-swiss-buat-prototipe-robot-origami

Dengan ukurannya yang ramping dan bobot yang ringan, robot ini bisa membantu manusia untuk masuk ke ruang yang sempit. Selain itu, robot ini dilengkapi berbagai gerakan seperti merangkak dan melompat untuk menghindari rintangan.

Untuk pengoperasiannya, peneliti menyematkan komponen elektronik untuk penginderaan dan komunikasi, serta menggunakan baterai sebagai sumber tenaga.

Nantinya, robot multifungsi ini bisa digunakan untuk berbagai bidang, salah satunya untuk interaksi antara manusia dan robot.

(Theofilus Ifan Sucipto/Cas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini