Sukses

Aplikasi Android Ini Tembus 5 Juta Unduhan

Baru-baru ini, Google mencatatkan torehan baru di mana salah satu aplikasinya diunduh sebanyak lima juta kali.

Liputan6.com, Jakarta - Play Store adalah layanan konten digital milik Google. Di sini, kamu bisa mengunduh beragam aplikasi Android. Mulai dari aplikasi versi gratis hingga berbayar, semua lengkap.

Baru-baru ini, Google mencatatkan torehan baru. Salah satu aplikasinya diunduh sebanyak lima juta kali. Eits tunggu dulu, bukan Angry Birds, juga bukan Pokemon Go. Lalu aplikasi apakah itu?

Adalah Google Play Services (GPS) yang mencatatkan rekor tersebut. GPS menjadi aplikasi Android pertama di PlayS tore yang diunduh sebanyak lima juta kali. GPS pertama kali dirilis tahun 2012, bersama dengan Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Sebenarnya, aplikasi ini tidak muncul di daftar aplikasi, sehingga tidak pernah diunduh pengguna. Mereka juga tidak bisa membuka dan menghapusnya. GPS bisa saja di-uninstall, namun gawai tidak akan bisa digunakan.

Semua aplikasi buatan Google, seperti Google Docs dan Google Play Music pasti membutuhkan GPS. Ketika pengguna mengunduh aplikasi itu, secara otomatis GPS akan ikut dan meng-update dirinya sendiri. Demikian seperti dikutip dari laman The Inquirer, Rabu (2/8/2017).

Jadi, GPS memegang peranan penting dalam Play Store. Ketika GPS tidak di-update, otomatis Google Play Store tidak akan berfungsi.

(Theofilus Ifan Sucipto/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.