Sukses

3 Tips Maksimalkan Kualitas Tidur dengan iPhone

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan gawai yang berlebihan bisa menyebabkan kita kurang tidur. Berbagai alasan seperti tidak bisa tidur kalau tidak memegang gawai adalah salah satu alasannya.

Meski bisa menyita waktu tidur, pemakaian yang cerdas ternyata bisa membantu maksimalkan kualitas tidur. Sejumlah gawai sudah menyediakan fitur untuk membantu kamu tidur. Salah satunya adalah iPhone.

Tenang saja, kamu tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan. Berikut tiga tipsnya.

1. Gunakan Fitur Bedtime

Fitur ini bisa kamu temukan di bagian “Timer”. Bedtime memungkinkan pengguna untuk memantau kebiasaan tidur dan membentuk jam tidur yang konsisten.

Setelah menyetel alarm tidur dan alarm bangun, iPhone akan mengingatkan kamu untuk tidur. Selama tidur, aplikasi ini akan mencatat data tidur. Nantinya, data ini bisa disinkroninasi dengan aplikasi Health. Nah, berbeda dengan alarm biasa, Bedtime menyediakan pilihan untuk volume alarm.

2. Dengarkan alunan suara di Apple Music

Beberapa orang tidak bisa tidur jika suasananya sunyi. Mereka biasa menggunakan musik sebagai pengantar tidur. Dengan iPhone, kamu tidak perlu membuka aplikasi streaming atau sibuk mencari musik yang pas.

Di Apple Music tersedia beberapa pilihan instrumen yang menenangkan. Kamu hanya perlu mengetik “Nature Sounds for Sleep and Relaxation.” Voila! Beberapa instrumen indah siap membuat kamu tidur lelap.

1 dari 2 halaman

Fitur Snooze

3. Matikan fitur Snooze

Ketika menggunakan alarm di iPhone, pasti ada pilihan “Snooze.” Snooze berguna untuk mematikan alarm sementara, namun akan bunyi lagi beberapa menit kemudian. Ada baiknya kamu mematikan fitur Snooze.

Menurut Rafael Pelayo, spesialis tidur dari Standford University Sleep Medicine Center, ketika tubuh bangun untuk mematikan alarm dari tidur lelap, hal ini malah menyebabkan kita semakin lelah dan mengantuk. Demikian seperti dikutip dari laman Mic, Jumat (4/8/2017).

Alasannya, tubuh akan kaget karena jam biologis kita belum menyiapkan diri untuk beraktivitas. Untuk mematikannya, klik “Edit” di alarm, kemudian matikan “Snooze”.

(Theofilus Ifan Sucipto/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Setop Konsumsi 3 Makanan Ini Sebelum Tidur
Artikel Selanjutnya
Tips Riasan Segar Bebas Mata Panda ala Profesional