Sukses

6 Speaker Pintar yang Siap Curi Perhatian

Liputan6.com, Jakarta - Di masa depan, seluruh perangkat akan terhubung internet dan dibekali dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Tak usah kaget, adopsi teknologi yang disebut-sebut akan menggantikan manusia ini sudah dimulai sejak kehadiran asisten virtual.

Perusahaan teknologi mulai dari Apple, Google, dan Facebook sedang giat-giatnya mengembangkan perangkat yang berbasis kecerdasan buatan. Selain asisten virtual, perangkat yang kini banyak mengadopsi teknologi canggih itu adalah speaker.

Speaker dengan kecerdasan buatan diklaim dapat memberikan segudang pengalaman pintar, tak cuma untuk perorangan tetapi juga keluarga. Segala aktivitas manusia di rumah dapat terbantu berkat kecanggihan perangkat ini.

Nah, jika Anda penasaran dengan rupa speaker pintar beserta manfaatnya, mari simak perangkat canggih besutan raksasa teknologi ternama berikut ini:

1. Apple - HomePod

HomePod resmi meluncur pada Juni lalu di gelaran Worldwide Developers Conference (WWDC) 2017 di San Jose, California, AS. Kehadiran speaker ini menandai langkah baru Apple setelah bertahun-tahun mempertahankan penjualan iPhone.

HomePod dibekali dengan asisten virtual Siri yang bekerja berdasarkan perintah suara, mulai dari memainkan musik hingga mengatur suhu ruangan.

HomePod. (Doc: Wired)

Selain itu, HomePod dapat memainkan rekomendasi musik jika dihubungkan dengan layanan Apple Music, mengirim pesan, hingga mengontrol gadget rumah yang kompatibel seperti bola lampu dan termostat

Harga: US$ 349/Rp 4,6 juta

2. Xiaomi

Startup asal Tiongkok tak ingin setengah-setengah menjadi pemimpin pasar teknologi. Tak cuma agresif di smartphone saja, Xiaomi kini merambah ke produk speaker pintar.

Dengan Mi AI Speaker, Xiaomi mengaku siap menyaingi speaker pintar besutan Amazon, yakni Amazon Echo. Speaker ini dibekali enam mikrofon omnidirectional yang diklaim dapat menerima perintah suara dari jarak hingga 16 meter.

Mi AI Speaker. (Doc: Gadget 360)

Fitur-fitur unggulan lainnya antara lain dapat digunakan untuk streaming musik, audio book, dan radio. Mi AI Speaker juga dapat melakukan panggilan telepon dan menampilkan notifikasi dari smartphone.

Harga: US$ 45 atau Rp 590 ribu

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Amazon dan Alibaba

3. Amazon 

Jika HomePod menggunakan Siri, Amazon Echo akan menggunakan Alexa sebagai asisten virtualnya. Alexa mampu merespon berbagai perintah sederhana hingga pertanyaan serta menggunakan Bing sebagai mesin pencarian.

Amazon Echo.

Berbeda dengan Siri, asisten vitual Alexa justru menuai popularitas tinggi dari hanya 800 ribu pengguna pada Mei 2016 menjadi 2,6 juta pada tahun ini.

Harga: US$ 179/Rp 2,3 juta

4. Alibaba

Raksasa e-Commerce Alibaba mengembangkan speaker pintar Tmall Genie yang dibekali asisten virtual AliGenie. Salah satu fungsi menarik Tmall Genie adalah pengguna bisa memesan barang langsung dari Tmall lewat speaker ini.

TMall Genie, speaker pintar perdana dari Alibaba (sumber: gsm arena)

Selain fitur voiceprint recognition, Tmall Genie juga dilengkapi dengan fitur-fitur utama, seperti mendengarkan musik, perkiraan cuaca, dan berita terkini. Namun, perangkat ini hanya ada untuk pasar Tiongkok. Maka itu, perintah suara yang diberikan harus memakai bahasa Mandarin

Harga: 500 yuan atau sekitar Rp 1 juta

3 dari 3 halaman

Facebook dan Google

5. Samsung

Menyusul jejak perusahaan teknologi lain, Samsung juga dikabarkan tengah mengembangkan speaker pintar berbasis kecerdasan buatan.

Speaker dengan kode nama "Vega" ini akan dibekali dengan asisten virtual buatan Samsung sendiri, yakni Bixby. Sayangnya belum diketahui soal spesifikasi lengkap, fitur, termasuk kapan perangkat akan dirilis.

Samsung dilaporkan tengah mengembangkan speaker pintar. (Doc: Gadgets Now)

Demi menyaingi speaker besutan Apple, Google, dan Amazon, kabarnya Samsung akan menyematkan fitur Andalan. Speaker ini nantinya tidak hanya dikembangkan untuk smartphone saja, tetapi juga perangkat lain.

6. Google

Google memiliki misi besar di masa depan untuk memperluas adopsi kecerdasan buatan dan machine learning ke lebih banyak perangkat.

Sebagai awalan, Google membenamkan teknologi canggih bernama Google Assistant pada perangkat Google Home. Perangkat ini telha diumumkan pada perhelatan akbar Google I/O 2017 di Mountain View, California beberapa waktu lalu.

Google Home. (Doc: Chrome Unboxed)

Google Home adalah speaker pintar yang dapat melakukan pekerjaan manusia, mulai dari melakukan panggilan via WiFi, mengirim pesan, meninjau lalu lintas, hingga memberikan notifikasi kepada pengguna untuk menunda jadwal penerbangan.

Harga: US$ 129/Rp 1,7 juta

(Cas/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.