Sukses

5 Negara Asal Vendor Smartphone Terkemuka Dunia

5 negara ini memiliki vendor smartphone yang paling terkenal di dunia, negara apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini konsumen disuguhi beragam jenis smartphone dari berbagai vendor kenamaan seperti Samsung, Asus, Huawei, Xiaomi, Lenovo, HTC, hingga Apple. Vendor-vendor smartphone tersebut menghadirkan inovasi dan saling bersaing satu sama lain.

Namun, sebenarnya masih banyak yang tak tahu kalau vendor smartphone itu berasal dari segelintir negara di dunia ini. Negara mana saja?

Berikut adalah lima negara asal vendor smartphone terkemuka di dunia yang Tekno Liputan6.com rangkum, Jumat (5/8/2017).

1. Tiongkok

Nama besar Tiongkok sebagai vendor smartphone memang tak diragukan lagi. Perusahaan-perusahaan smartphone asal Tiongkok kini mulai menguasai pasar dunia dengan inovasi teknologinya.

Sejumlah nama vendor smartphone terkemuka di dunia seperti Oppo, Vivo, Huawei, Xiaomi, Lenovo, Meizu, hingga ZTE berasal dari Tiongkok. Belum lagi, vendor smartphone lokal Tiongkok seperti Gionee dan Oukitel.

Salah satu nilai lebih dari smartphone besutan vendor Tiongkok adalah dari sisi harga yang lebih murah. Sebagai contoh smartphone flagship besutan Xiaomi atau Huawei biasanya dibanderol sekitar 20 persen lebih murah ketimbang vendor negara lain. Padahal, fitur dan spesifikasinya tak jauh berbeda.

Kamera belakang di Oppo F3 edisi khusus Reza Rahadian. Liputan6.com/ Agustins Setyo Wardani

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Korea Selatan

2. Korea Selatan

Meski vendor smartphone yang terkenal dari negara ini hanya Samsung dan LG, kualitas keduanya diakui di dunia. Bahkan, inovasi keduanya tak jarang diikuti oleh vendor smartphone lainnya.

Kemunculan berbagai vendor smartphone yang menghasilkan perangkat dengan harga lebih terjangkau asal Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir ini memang membuat kedigdayaan dua vendor ini mulai tergerus.

Namun, keduanya terus berinovasi menghasilkan smartphone yang bisa diterima di luar negeri. Misalnya saja Samsung baru-baru ini merilis Galaxy S8 dan LG merilis LG G6 yang kualitasnya diakui dunia.

Infinity Display jadi salah satu teknologi unggulan di Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus. Liputan6.com/ Iskandar

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat pernah berjaya dengan merek Motorola. Sayang, perusahaan ponsel lain mulai mengambil alih pasar Motorola dan menjadikannya vakum.

Namun, Amerika Serikat tetaplah negara yang diakui kebesarannya dalam teknologi smartphone. Apalagi setelah kemunculan raksasa teknologi Apple dengan produk iPhone yang mengubah dunia.

Kini, vendor smartphone Amerika Serikat pun tidak hanya Apple dan Motorola (yang telah dibeli Lenovo), tetapi muncul vendor lainnya, misalnya Google yang merilis perangkat Google Pixel dan bapak Android Andy Rubin yang berambisi menghadirkan Essential Phone.

iPhone 7. (Doc: Digital Trends)

 

3 dari 3 halaman

Taiwan

4. Taiwan

Bicara tentang negara asal vendor smartphone dunia, rasanya tak lengkap jika tidak memasukkan Taiwan ke dalam daftar. Berbagai vendor terkemuka seperti Asus, HTC, dan Acer berasal dari Taiwan lho!

Walau tidak seterkenal vendor dari negara tetangganya, Tiongkok, smartphone asal Taiwan sebenarnya mendapat pengakuan dari konsumen.

Salah satunya adalah HTC yang digandeng Google untuk menggarap Pixel. Bahkan, tidak banyak yang mengetahui, HTC merupakan vendor smartphone yang pertama kali mengadopsi OS Android.

Review: Asus Zenfone 3 Max, Baterai Besar Bukan Segalanya. (Liputan6.com/Iskandar)

5. Jepang

Sejak dahulu, Jepang merupakan negara yang terkenal dengan produk elektroniknya. Banyak perusahaan elektronik Jepang yang produknya diakui di dunia, misalnya saja Sharp, Toshiba, dan Sony.

Mengingat rekam jejak itu, smartphone juga jadi salah satu produk elektronik yang dikembangkan perusahaan Jepang. Salah satu merek smartphone yang dikenal baik sampai saat ini adalah Sony.

Sama seperti di Tiongkok, sebenarnya Jepang juga punya vendor smartphone lokal, misalnya Sharp dan Fujitsu yang teknologinya tidak kalah dari vendor dunia. Bahkan, salah satu vendor, yakni Sharp sudah mulai memasuki pasar Indonesia dengan smartphone Z2 dan M1.

Xperia X (Sumber: The Verge)

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.