Sukses

5 Smartphone Terbaru 2017 Paling Ideal untuk Main Gim

Liputan6.com, Jakarta - Dulu, orang-orang bermain gim paling cuma sebatas di konsol saja. Nintendo, PlayStation, atau Sega, tiga konsol ini boleh dibilang paling berjaya pada masanya.

Tibalah era ponsel Nokia Symbian, gim mobile pun perlahan bermunculan, sebut saja seperti Snake, Bounce, danSpace Impact.

Dan kini, memasuki era smartphone, gim-gim mobile bahkan bisa memainkan gim jadul (jaman dulu) dari konsol Nintendo, PS1, bahkan sampai PS2. Meski harus menggunakan emulator, setidaknya pemain bisa memainkannya dalam smartphone, yang notabene ukurannya lebih kecil dari semua konsol di atas.

Dan berkat adanya platform Android dan iOS, kini semua orang dapat bermain gim mobile langsung lewat perangkat smartphone. Judul gim yang dimainkan di smartphone pun kini tampil lebih baik berkat bantuan graphic engine Unity.

Karena kemajuan pesat ini, para pengembang bisa mengembangkan gim yang lebih sempurna di platform perangkat mobile.

Pun demikian, pengalaman bermain gim di smartphone tentunya kembali lagi ke kodrat spesifikasi perangkat itu sendiri. Banyaknya smartphone yang tampil dengan spesifikasi yang diusung, nyatanya belum tentu mengakomodasi performa gaming yang mumpuni.

Nah, Tekno Liputan6.com kini merekomendasikan lima (5) smartphone terbaru di 2017 dengan spesifikasi paling ideal untuk bermain gim. Berikut ini daftarnya.

iPhone 7 Plus

Secara desain, iPhone 7 Plus adalah smartphone paling ideal untuk bermain gim, terlebih layarnya besar. Perangkat ini mengusung layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel.

Dapur pacu iPhone 7 Plus diperkuat prosesor baru yakni A10 dengan RAM 2GB, CPU quad-core, dan GPU enam inti. Spesifikasi super kencang ini jelas menjadikan pengalaman bermain gim lancar tanpa adanya hambatan alias lagging.

Untuk informasi, A10 alias Fusion adalah chip 64bit yang diklaim memiliki performa 50 persen lebih cepat ketimbang chip A9 pada iPhone 6s dan 6s Plus.

Jadi, ketimbang beli iPhone 6s atau 6s Plus buat bermain gim, kami sarankan kamu bisa beli iPhone 7 Plus dengan kecepatan dan kualitas layar yang lebih oke.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

1 dari 5 halaman

Samsung Galaxy S8 Plus

Bagi kamu yang ingin membeli smartphone khusus untuk bermain gim, tetapi ogah beli iPhone, smartphone Android bisa jadi alternatifnya.

Coba kamu pertimbangkan untuk Samsung Galaxy S8 Plus, varian Galaxy S8 dengan layar lebih besar tapi tetap enak dipegang dengan satu tangan.

Galaxy S8 Plus mengusung ukuran layar 6,2 inci (resolusi super tajam AMOLED dengan Infinity Display) dengan dimensi 159.5 x 73.4 x 8.1 mm. Meski besar, bobotnya tidak berat-berat amat, yakni cuma 173 gram.

Dari sisi dapur pacu, Galaxy S8 Plus mengusung spesifikasi gahar yang pastinya optimal untuk bermain gim mobile kelas berat, seperti Resident Evil dan Final Fantasy. Handset ini dipersenjatai chipset Exynos 8895, RAM 4GB, dan kapasitas memori internal 64GB.

2 dari 5 halaman

Moto Z Play

Varian Moto Z Play dari Lenovo juga bisa jadi rekomendasi smartphone paling ideal untuk bermain gim. Smartphone ini digadang-gadang paling cocok sebagai perangkat entertainment, khususnya untuk bermain gim.

Moto Z2 Play merupakan anggota baru keluarga Moto Z. Smartphone ini pertama kali diumumkan pada bulan lalu, dan kehadirannya di Asia Tenggara baru diumumkan beberapa hari lalu.

Soal spesifikasi, Moto Z2 Play dibekali dengan layar full HD Super AMOLED 5,5 inci (1.920 x 1.080 piksel), prosesor octa-core 2,2 GHz Snapdragon 626, GPU Adreno 506, dan Android 7.1.1 Nougat. Konfigurasi yang sangat pas untuk bermain gim mobile.

Untuk media penyimpanan, smartphone dengan RAM 4GB ini memiliki memori internal 64GB. Pengguna bisa menambah ruang penyimpanan melalui kartu microSD dengan kapasitas maksimal 2TB. Baterainya berkapasitas 3.000 mAh, serta dilengkapi fitur konektivitas seperti port USB-C dan headset jack 3,5mm.

Saat diumumkan pertama kali, Motorola menyebut ada empat Mods baru untuk seri Moto Z, yaitu JBL SoundBoost 2, Moto TurboPower Pack, Moto Style Shells dengan Wireless Charging, dan Moto GamePad. Motorola berjanji akan merilis lebih banyak Mod baru pada tahun ini.

3 dari 5 halaman

Xiaomi Mi MIX

Dari semua rekomendasi smartphone yang kami sebutkan, Xiaomi Mi MIX bisa jadi salah satu alternatif terbaik untuk bermain gim, khusus dari segi ukuran layar.

Bagaimana tidak, smartphone ini hadir dengan layar super besar 6,4 inci dan tampil dalam desain hampir tanpa bezel alias bezeless. 90 persen tubuh Mi MIX adalah layar ponsel.

Dapur pacu smartphone ini pun mengusung spesifikasi yang tak main-main. Ia punya spesifikasi unggulan seperti prosesor Snapdragon 821, baterai jumbo 4400mAh, serta kamera utama 16 megapiksel (MP) dan kamera depan 5MP.

Mi MIX juga memiliki kualitas audio HD yang diklaim sangat berkualitas. Selain itu, seperti Mi Note 2, Mi MIX juga dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat Quick Charge 3.0.

4 dari 5 halaman

HTC 10

Rekomendasi terakhir kami adalah jagoan baru dari HTC, yakni HTC 10. Smartphone besutan vendor asal Taiwan ini hadir dengan layar berukuran 5,2 inci dan resolusi Super AMOLED.

Untuk dapur pacu, smartphone ini dipersenjatai prosesor Snapdragon 820 dengan RAM 4GB dan memori internal 32/64GB. Jadi, tidak perlu ragu lagi jika ingin beli smartphone ini karena HTC 10 disebut-sebut sebagai seri terbaik HTC hingga sekarang.

(Jek/Isk)

Artikel Selanjutnya
Polytron Belum Tertarik Garap Ponsel Kamera Ganda
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Gim Gratis iOS yang Patut Diunduh