Sukses

Bocah 9 Tahun Melamar Jadi Pemburu Alien, Begini Jawaban NASA

Liputan6.com, California - Belum lama ini, NASA membuka lowongan pekerjaan pemburu alien. Tak tanggung-tanggung, lowongan itu menawarkan gaji dengan nominal besar, yakni dalam kisaran US$ 180.000 (sekitar Rp 2,4 miliar) per tahun.

Dalam deskripsinya, pekerjaan dengan nama resmi Planetary Protection Officer ini mengharuskan pemburu alien melindungi Bumi dari ancaman objek luar angkasa--termasuk Alien, tentunya--yang bisa merusak atau bahkan menginfeksi Bumi.

Tidak butuh waktu lama, lowongan ini langsung diserbu ribuan kandidat, tak terkecuali bocah berusia 9 tahun bernama Jack Davis.

Tergiur dengan lowongan yang ditawarkan, Davis mengirim surat lamaran yang ia tulis sendiri ke Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut. Dalam surat itu, Davis menyebut ingin menjadi "Guardians of The Galaxy, atau Pelindung Galaksi".

Walau baru berusia 9 tahun, Davis optimistis jika dirinya pantas diterima dalam posisi itu. Ia mengungkapkan ketertarikannya dengan dunia sains dan luar angkasa, karena semata-mata sering menonton film dan serial yang berbau dengan alien.

 

Kepada NASA yang terhormat,

Namaku Jack Davis. Aku ingin melamar pekerjaan sebagai pemburu alien atau petugas yang melindungi Bumi. Aku tahu usiaku baru 9 tahun, tetapi kupikir aku benar-benar cocok mengisi pekerjaan itu.

Kakakku mengatakan, aku adalah seorang alien. Aku juga suka dengan hal-hal yang berbau alien. Aku suka banget sama serial Marvel Agents of Shield, tapi juga ingin nonton Men in Black. Aku juga suka main gim, masih muda dan bisa belajar untuk berpikir layaknya alien.

Jack Davis,
Guardians of the Galaxy
Kelas Empat

 

Meski kesannya cuma guyon belaka, NASA  nyatanya tetap merespons surat lamaran Davis. Planetary Research Director NASA Jonathan Rall, langsung menelepon Davis. Direktur divisi Planetary Science NASA James L. Green pun membalasnya dengan surat resmi.

Dalam surat balasannya, Green memberikan ucapan 'selamat' kepada Davis atas ketertarikannya menjadi pemburu alien.

Walau demikian, Green menjelaskan jika pekerjaan ini bukan sekadar pekerjaan 'mainan'. Karena itu, ia mengungkap seperti apa deskripsi pekerjaan pemburu alien secara detail kepada Davis.

"Pekerjaan ini lebih berat dari yang kamu kira. Pemburu alien harus melindungi bumi dari mikroba kecil, yang bisa datang dari objek-objek di luar angkasa, contohnya saat astronot membawa sampel dari Bulan, asteroid, atau Mars," tulis Green.

"Kami selalu mencari ilmuwan dan engineer yang kelak bisa membantu, dan kami pikir kamu kelak bisa menjadi salah satunya di masa depan. Jadi, belajar yang rajin ya di sekolah," lanjut Green.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Tugas Pemburu Alien

Untuk informasi, pekerjaan ini juga mengharuskan si pemburu alien untuk memastikan umat manusia tak terkontaminasi dari 'virus' luar angkasa yang berasal dari planet lain, Bulan, atau asteroid.

Pemburu alien nantinya akan bekerja sama dengan sejumlah divisi besar NASA dan pemerintah negara-negara maju, untuk mengatur strategi melindungi Bumi.

Uniknya, pekerjaan pemburu alien ini ternyata sudah dibuka oleh lembaga Outer Space Treaty sejak 1960. Hanya ada dua lowongan untuk pekerjaan ini. Selain Outer Space Treaty, lowongan pemburu alien juga dibutuhkan European Space Agency (ESA, Badan Antariksa Eropa).

Untuk pemburu alien versi NASA, kandidat pelamar harus memiliki beberapa syarat dan ketentuan. Ia setidaknya harus memiliki waktu satu tahun pengalaman di dunia militer.

Tak cuma itu, kandidat juga harus memiliki pengetahuan soal astronomi dan objek luar angkasa. Setelah melamar, kandidat akan mengikuti pelatihan fisik yang bukan tidak mungkin membawanya ke stasiun luar angkasa internasional (ISS, International Space Station).

NASA membuka lowongan ini hingga 14 Agustus 2017, jika kamu tertarik ingin melindungi Bumi dari alien, bisa melamarnya di tautan ini.

(Jek/Isk)

Artikel Selanjutnya
Mati Lampu, Wanita Ini Mengaku Tak Tahu Siapa yang Menghamilinya
Artikel Selanjutnya
Bocah 6 Tahun Kirim CV untuk Melamar Kerja Sebagai Desainer Lego