Sukses

Lenovo Bunuh Tampilan Antarmuka Vibe Pure UI

Liputan6.com, Shenzhen - Vibe Pure UI, tampilan antarmuka (UI, user interface) khas Lenovo, dipastikan tak akan lagi hadir dalam smartphone terbarunya di waktu mendatang.

Sebagai gantinya, vendor smartphone asal Negeri Tirai Bambu ini akan menggunakan tampilan antarmuka stock Android besutan Google, atau juga lebih sering disebut sebagai "Vanilla Android".

Informasi ini terkuak dari wawancara Gadgets 360 bersama Head of Marketing Lenovo India, Anuj Sharma. Dalam pernyataannya, perusahaan tak akan lagi mendukung Vibe Pure UI untuk semua smartphone terbaru Lenovo.

Sementara, smartphone teranyar K8 Note yang akan meluncur dalam waktu dekat bakal menjadi yang pertama mengadopsi tampilan antarmuka stock Android.

Menurut Sharma, alasan Lenovo hijrah ke tampilan antarmuka berdesain simpel ini tak lain karena banyak konsumen meminta Lenovo untuk mengubah tampilan antarmuka Vibe Pure UI.

"Pergantian tampilan antarmuka ini juga akan memudahkan update di waktu mendatang. Kami bisa saja lebih cepat mendapatkan Android O karena salah satu alasannya adalah tampilan antarmuka Lenovo kini menggunakan stock Android," kata Sharma sebagaimana dikutip The Verge, Minggu (6/8/2017).

Menggunakan stock Android sebagai tampilan antarmuka utama Lenovo, juga menjadi alasan untuk bisa sejalan dengan seri Moto yang diakuisisi Lenovo pada 2014.

Diketahui, semua smartphone Moto saat ini mengusung tampilan antarmuka stock Android. Jadi, agar tak mengalami ketimpangan dari sisi antarmuka, Lenovo melakukan langkah ini untuk bisa menyelaraskan karakter smartphone-nya, terlebih dari sisi desain antarmuka.

Sekadar informasi, tampilan antarmuka stock Android pertama kali diusung oleh smartphone Google Nexus. Namun kini, Google Pixel mengadopsi tampilan antarmuka stock yang lebih mapan.

Tampilan antarmuka Pixel, Pixel Launcher, kini hadir lebih optimal dan interaktif seperti tampilan antarmuka Android buatan Samsung dan LG.

(Jek/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Hands On Asus Zenfone 4 Max Pro, Jawara Baterai Berkamera Ganda
Artikel Selanjutnya
Nokia 8 Resmi Hadir dengan Kamera Ganda dan Snapdragon 835