Sukses

Google Assistant Segera Sambangi Chrome

Liputan6.com, Mountain View - Google Assistant kini memang hanya tersedia eksklusif pada perangkat Google seperti smartphone Pixel dan speaker Google Home. Kabar terbaru, asisten virtual besutan Google ini akan segera hadir pada platform situs web.

Menurut informasi yang dikutip Ubergizmo via Ausdroid, Senin (7/8/2017), Google Assistant lebih tepatnya akan hadir pada peramban Google Chrome.

Menurut keterangan, Chrome kini diklaim sebagai salah satu peramban paling dominan dan menguasai hampir lebih dari 50 persen pasar. Jadi, bukan tidak mungkin bagi Google untuk menghadirkan asisten pintarnya di Chrome, sebagai salah satu strategi meningkatkan jumlah pengguna Google Assistant.

Ini bukan pertama kalinya raksasa teknologi yang berbasis di Mountain View, Amerika Serikat itu memutuskan untuk memboyong Google Assistant keluar dari 'kandangnya' sendiri.

Pada Mei 2017, tepatnya di gelaran Google I/O di Mountain View, Amerika Serikat, Google juga mengumumkan asisten virtual ini akan menyambangi perangkat iOS.

Seperti disampaikan Gummi Hafsteinsson, Product Management Director Google, kehadiran Google Assistant di perangkat kompetitor seperti iOS merupakan salah satu langkah strategis perusahaan untuk menyediakan alternatif asisten virtual kepada pengguna iOS.

Namun kembali lagi ke preferensi penggunanya, apakah nantinya layanan Google Assistant bisa menyediakan apa yang dibutuhkan oleh pengguna iOS secara spesifik atau tidak.

"Salah satu keunggulan produk kami yang paling unik—seperti Google Assistant—adalah tersedia untuk miliaran pengguna Android. Karena itu, kami ingin produk ini juga dirasakan manfaatnya oleh pengguna iOS,” kata Hasfteinsson dalam sesi wawancara bersama Tekno Liputan6.com waktu itu.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Google Assistant Lebih Cerdas

“Kami sudah beranjak pada tahap di mana machine learning dan kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence) mampu mengolah percakapan menjadi lebih menarik. Semua topik akan terasa lebih terikat dengan apa yang dibutuhkan pengguna,” ia melanjutkan.

Google Assistant adalah salah satu update teranyar Google di I/O 2017. Asisten virtual yang diperkenalkan pertama kali di Google Pixel itu kini menguasai lebih banyak bahasa.

Bila sebelumnya hanya memahami bahasa Inggris, kini Google Assistant mendukung bahasa Prancis, Portugal, Jerman, dan Jepang.

Jumlah bahasa yang dapat dikuasai Google Assistant pun dipastikan masih akan terus bertambah hingga akhir tahun ini. Menurut Google, bahasa Spanyol dan Korea juga akan didukung oleh layanan tersebut.

Beragam fitur anyar pun dibenamkan oleh Google pada produknya itu, antara lain dapat diminta untuk berbelanja atau memesan makanan secara langsung dan membayarnya melalui Android Pay.

Asisten virtual ini juga sudah terintegrasi dengan Google Lens, teknologi anyar yang juga diperkenalkan di Google I/O 2017. Lewat pengumuman tersebut, Assistant juga dapat menerima perintah dalam bentuk teks.

(Jek/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Google Bakal Sertifikasi Perangkat Android Bebas Malware
Artikel Selanjutnya
Fitur Baru Google Maps Mudahkan Pengguna Cari Lokasi Parkir