Sukses

3 Aplikasi Android Ini Bantu Atasi Kecanduan Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu merasa gelisah kalau tidak memegang smartphone? Kamu seperti merasa ada yang kurangdan bosan saat jauh dari smartphone? Atau tangan selalu gatal jika tidak mengakses media sosial?

Smartphone memang sangat membantu meningkatkan produktivitas manusia, terutama dalam kehidupan sehari-hari. Namun, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Hal ini berlaku juga pada pemakaian smartphone.

Saking asyiknya, kita sering kali menghiraukan orang di sekitar. Acara kumpul keluarga pun tidak jarang menjadi kurang interaktif karena semua sibuk dengan smartphone. Hal ini bisa jadi tanda kalau kamu kecanduan smartphone.

Namun tenang saja, ada tiga aplikasi yang bisa membantu kamu untuk mengurangi ketergantungan smartphone. Simak selengkapnya seperti dilansir Gadgets Now berikut ini:

1. Checky

Salah satu aplikasi yang membantu adalah Checky. Aplikasi ini memberi data dengan akurat berapa kali kamu membuka smartphone dalam sehari. Dengan begitu, kamu bisa memantau dan mengurangi pemakaian smartphone.

Aplikasi Checky

2. RescueTime

RescueTime mirip dengan Checky. Bedanya, aplikasi ini memberi tahu apa saja yang kita lakukan selama membuka smartphone. Mulai dari aplikasi yang paling sering dipakai, waktu menelepon, sampai penggunaan internet.

Aplikasi RescueTime.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memasang peringatan untuk membatasi waktu yang digunakan. Jadi ketika melanggar peringatan, kamu segera sadar dan berhenti membuka smartphone.

3. Cold Turkey

Aplikasi ini cocok bagi kamu yang sangat ingin lepas dari kecanduan smartphone. Pasalnya, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk 'membekukan' smartphone. Selama smartphone 'beku', kamu tidak bisa menggunakannya. Cara kerjanya mirip dengan fitur "Do Not Disturb".

Aplikasi Cold Turkey.

Kamu hanya perlu mengatur berapa lama waktu untuk 'membekukan' smartphone. Waktu maksimalnya adalah satu jam. Setelah itu, smartphone tidak bisa digunakan, kecuali sudah waktunya, atau kamu mematikan aplikasinya.

(Theofilus Ifan Sucipto/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Wajib Tahu, Ini Deretan Fitur Android Oreo
Artikel Selanjutnya
Ini 3 Hal yang Patut Kamu Ketahui Soal Android Oreo