Sukses

Canggih, Perangkat Ini Bisa Jadi Pemutar Kaset Jadul

Liputan6.com, California - Meski kaset kini sudah dianggap sebagai barang usang, masih ada saja yang mencarinya semata-mata untuk dijadikan koleksi.

Sayang, perangkat khusus pemutar kaset seperti walkman kini justru dianggap tak lagi mendukung. Pasalnya, pengguna justru lebih merasa praktis dengan perangkat yang lebih canggih layaknya iPhone atau platform streaming seperti Spotify.

Karena ingin mengembalikan kejayaan kaset pada masanya, sebuah perusahaan startup bernama BrainMonk menciptakan perangkat pemutar kaset dengan teknologi yang lebih canggih.

Perangkat kecil tersebut mereka namai "Elbow". Ia belum dijual bebas di pasaran, BrainMonk pun mengklaim Elbow baru sebatas konsep.

Menurut informasi yang dilansir The Verge pada Selasa (8/8/2017), konsep Elbow menyerupai perangkat kecil yang mirip dengan penjepit kertas. Secara mekanisme, pengguna hanya perlu menyempilkan kaset di tengah-tengah perangkat yang akan diapit kedua penjepit.

Perangkat dilengkapi dengan sensor optikal yang berfungsi untuk membaca pinta kaset. Sementara, pengguna bisa menekan tombol play, pause, rewind, dan forward di bagian depan perangkat.

Cara memutar kaset di Elbow pun mirip dengan memutar kaset di walkman jadul (jaman dulu). Jika pengguna ingin memutar side A di kaset, mereka harus meletakkan sisi side A di bagian pemutar, sedangkan jika ingin memutar side B, letakkan di posisi sebaliknya.

Elbow mengklaim, kualitas suara kaset yang dihasilkan sangat jernih dan bagus. Jadi bisa dibilang, kualitas suara dari perangkat ini dua kali lebih baik dari kualitas suara pemutar kaset konvensional.

Sayangnya, hingga ini BrainMonk tidak mengungkap kepastian Elbow. Mereka tak membahas kapan akan menjual perangkat ini, serta berapa harga yang akan dibanderol.

Mereka pun tidak membocorkan jenis daya apa yang akan digunakan perangkat, apakah akan menggunakan baterai atau mengandalkan pengisian daya nirkabel.

Well, jika benar Elbow dijual di pasaran, semoga saja ini jadi tanda baik kebangkitan kaset di dunia musik.

(Jek/Cas)

 

Artikel Selanjutnya
6 Aplikasi di Gawai Bikin Karier Makin Cemerlang
Artikel Selanjutnya
Cara Baru Nissan Perkenalkan Audio pada Mobil