Sukses

Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui soal Galaxy Note 8

Liputan6.com, Jakarta - Samsung diprediksi menggelar acara pengumuman Galaxy Note 8 di New York, Amerika Serikat (AS), pada 23 Agustus 2017. Menjelang acara penting bagi Samsung itu, informasi mengenai smartphone tersebut semakin banyak bermunculan di internet.

Galaxy Note 8 adalah salah satu flagship smartphone yang akan diumumkan pada bulan ini. Kehadiran phablet ini sangat penting bagi Samsung karena akan menjadi pembuktian keberhasilannya usai penjualan Galaxy Note 7 yang gagal di pasar.

Sejauh ini pihak Samsung belum mengonfirmasi berbagai rumor yang beredar, termasuk soal spesifikasi, tanggal peluncuran, dan harga jualnya. Namun informasi mengenai hal tersebut terus bermunculan, berikut lima di antaranya seperti dilansir Tech Radar, Selasa (8/8/2017):

1. Tanggal Peluncuran

Gambar poster promosi yang diduga milik Galaxy Note 8, bocor di internet (Foto: Phone Arena)Berdasarkan undangan resmi yang dikirimkan kepada media, Samsung akan mengumumkan Galaxy Note 8 dalam acara Unpacked di New York, AS. Samsung memang tidak menuliskan "Galaxy Note 8" pada undangannya, tapi slogan "Do bigger things" dan gambar S Pen, mengindikasikan smartphone itu akan diumumkan dalam acara tersebut.

Setelah diumumkan menjelang akhir bulan ini, Samsung sudah menyiapkan tanggal peluncuran Galaxy Note 8. Menurut sejumlah sumber termasuk dari analis dan operator seluler di Korea Selatan (Korsel), smartphone itu akan menyambangi berbagai toko pada 15 September 2017.

Pengumuman Galaxy Note 8 pada bulan ini diyakini berhubungan dengan smartphone terbaru Apple, iPhone 8, yang akan diumumkan pada bulan depan. Samsung ingin memastikan Galaxy Note 8 berhasil mengalahkan iPhone 8 di pasar.

2. Layar Galaxy Note 8

Salah satu letak keunggulan Galaxy Note 8 adalah layar. Smartphone ini dilaporkan memiliki layar Super AMOLED berukuran 6,3 inci dengan resolusi 1440 x 2960 piksel. Layarnya memiliki rasio aspek 18,5:9.

Galaxy Note 8 memiliki desain "Infinity Display", sebutan yang digunakan Samsung untuk layar nyaris tanpa bezel pada Galaxy S8. Beberapa waktu lalu, muncul sebuah gambar panel layar depan diduga milik Galaxy Note 8 dengan bezel yang sangat tipis.

Pihak Samsung belum buka suara mengenai spesifikasi layar Galaxy Note 8, sehingga rumor mengenai hal tersebut semakin banyak bermunculan. Sebelumnya beredar rumor yang menyebutkan Galaxy Note 8 akan menjadi smartphone pertama Samsung dengan layar yang bisa dilipat.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

1 dari 3 halaman

Kamera dan Desain

3. Kamera
Smartphone diduga sebagai Galaxy Note 8 (Sumber: Phone Arena)Samsung akan menggunakan dua kamera ganda yang diletakkan di belakang bodi Galaxy Note 8. Saat ini kamera ganda memang tengah populer di pasar smartphone. Kamera belakang Galaxy Note 8 sendiri disebut memiliki masing-masing sensor 12MP dan 13MP.

Sayangnya, sejauh ini belum begitu banyak informasi tentang kemampuan kamera belakang tersebut. Setidaknya tiga fitur yang dimilikinya adalah bisa melakukan 2x optical zoom, fitur telephoto dengan aperture f/2.4, dan wide-angle. Sedangkan untuk kamera depan, Samsung membekalinya dengan sensor 8MP yang dilengkapi fitur auto fokus.

Bocoran gambar Galaxy Note 8 dengan desain dua kamera belakang telah beberapa kali beredar. Namun sampai saat ini pihak Samsung enggan mengomentarinya.

4. Desain dan baterai

Panel depan Galaxy S8 Plus (kiri) dan Galaxy Note 8 (kanan) Foto: Phone ArenaBodi Galaxy Note 8 kemungkinan dibalut lapisan kaca dan metal, sehingga semakin menguatkan kesan premiumnya. Di luar ukuran layar, desain Galaxy Note 8 diyakini sangat mirip dengan seri Galaxy S8 yaitu memiliki bezel yang sangat tipis serta layar depan melengkung.

Bagian belakang Galaxy Note 8 terdapat dua lensa kamera dengan sensor 12MP dan 13MP, serta satu flash LED. Tidak ada tombol fisik di depan dan belakang bodi.

Adapun kinerja Galaxy Note 8 akan didukung dengan baterai 3.300 mAh, lebih kecil daripada kapasitas baterai Galaxy Note 7 yaitu 3.500 mAh. Samsung memangkas kapasitasnya untuk menjamin kualitas keamanan, mengingat meledaknya sejumlah Galaxy Note 7 disebabkan kesalahan pada baterai.

2 dari 3 halaman

Harga Jual

5. Berbagai fitur lain dan harga jual

Meski Samsung masih bungkam soal berbagai fitur Galaxy Note 8, bocoran informasi mengenai hal tersebut terus menyita perhatian. Beberapa laporan menyebutkan Galaxy Note 8 dilengkapi chipset Snapdragon 835 atau Exynos 8895, RAM 6GB serta dua pilihan memori internal yaitu 64GB dan 128GB.

Galaxy Note 8 dengan Snapdragon 835 akan dipasarkan di wilayah Amerika Serikat (AS) dan Exynos 8895 untuk berbagai wilayah lain.

Untuk piranti lunak, Samsung kemungkinan besar merilis Galaxy Note 8 dengan sistem operasi (OS) Android Nougat. Seperti sejumlah smartphone lain, Galaxy Note 8 nantinya akan mendapatkan pembaruan ke OS Android O.

Galaxy Note 8 juga diprediksi dilengkapi sebuah stylus, pemindai sidik jari pada layar, pemindai iris mata, dan fitur Bixby 2.0.

Adapun untuk harga jual, Galaxy Note kemungkinan dibanderol di atas US$ 1.000.

(Din/Isk)

Artikel Selanjutnya
Tak Ada Snapdragon 836, Google Pixel 2 Pakai Apa?
Artikel Selanjutnya
Samsung Siapkan Tablet untuk Anak-anak