Sukses

Review: Redmi Note 4, Andalan Baru Xiaomi Bebas Nge-Charge

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi kembali memperkenalkan smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia di pertengahan tahun ini, yakni Redmi Note 4. Penerus Redmi Note 3 ini menjadi perangkat pertama Xiaomi yang resmi mendapat titel buatan Indonesia selain Redmi 4A.

Smartphone ini hadir dengan memori internal 32GB dan RAM 3GB. Performa Redmi Note 4 didukung chipset Snapdragon 625 dan baterai berkapasitas 4100mAh. 

Redmi Note 4 memiliki bentang layar 5,5 inci beresolusi full HD. Urusan fotografi, smartphone ini didukung dengan kamera utama 13MP dan kamera selfie 5MP.

Tekno Liputan6.com pun berkesempatan untuk menjajal kemampuan smartphone ini. Untuk di Indonesia sendiri, Redmi Note 4 dibanderol dengan harga cukup terjangkau, yakni Rp 2,4 juta.

Lantas, bagaimana pengalaman kami selama menggunakan Redmi Note 4? Berikut ini ulasan singkat mengenai smartphone terbaru Xiaomi.

Desain

Xiaomi Redmi Note 4

Secara desain, Redmi Note 4 tak memiliki perbedaan mendasar dari seri pendahulunya. Perangkat yang memiliki layar 5,5 inci ini memiliki desain membulat pada seluruh sudutnya.

Meski ukurannya cukup bongsor, smartphone ini terbilang cukup nyaman untuk digenggam. Namun mengingat ukurannya yang terbilang besar, penggunaan satu tangan tak disarankan.

Sisi kiri smartphone ini bebas dari tombol-tombol, karena seluruh tombol, seperti volume dan power diletakkan di sisi kanan. Lubang headphone 3,5mm dan infrared berada di bagian atas.

Xiaomi Redmi Note 4

Menggunakan tombol navigasi fisik, Xiaomi tak lupa menyertakan lampu background untuk memudahkan penggunaan saat gelap. Pemindai sidik jari diletakkan di bagian atas kamera utama pada bodi bagian belakang.

Untuk speaker, Xiaomi meletakkannya di bagian bawah smartphone. Kedua lubang keluaran itu mengapit port micro USB untuk keperluan pengisian daya atau berkirim data.

Tonton Video Menarik Berikut Ini : 

1 dari 5 halaman

Performa

 

Xiaomi Redmi Note 4

Untuk performa, smartphone ini dikatakan cukup menawarkan pengalaman yang baik. Hasil pengukuran AnTuTu Benchmark di kisaran 62 ribuan, Redmi Note 4 nyaman diajak melakukan sejumlah tugas dasar, seperti chatting, bermain gim, dan akses media sosial.

Salah satu yang patut diacungi jempol dari smartphone ini adalah daya tahan baterainya yang cukup luar biasa. Berbekal baterai 4.100mAh ditambah Snapdragon 625, Redmi Note 4 sangat dapat diandalkan.

Saat penggunaan normal, seperti komunikasi, membuka media sosial, mendengarkan musik, ditambah bermain gim sesekali, Redmi Note 4 hanya perlu diisi ulang satu kali dalam sehari.

Redmi Note 4 juga dapat diandalkan saat menjalankan sejumlah gim kelas menengah, seperti Asphalt Xtreme. Namun, untuk gim kelas berat seperti Injustice 2, perangkat ini cukup keteteran.

Sensor yang disematkan pada smartphone ini juga terbilang lengkap, termasuk sensor gyroscope. Dengan demikian, perangkat ini dapat digunakan untuk menikmati konten virtual reality (VR). 

Urusan dukungan jaringan, Redmi Note 4 juga terbilang cukup lengkap. Perangkat ini sudah mendukung jaringan 4G di frekuensi 850MHz, 900MHz, 1.800MHz, 1.900 dan 2.100MHz. Karenanya, perangkat ini kompatibel dengan seluruh operator di Indonesia.

2 dari 5 halaman

Kamera

Memiliki kamera belakang 13MP, Xiaomi sudah membekali smartphone ini dengan teknologi phase detection auto focus (PDAF) ditambah dual LED flash. Untuk hasilnya sendiri, kamera utama perangkat ini memang dapat dikatakan memuaskan, tapi tak berarti luar biasa. 

Xiaomi Redmi Note 4

Saat berada dalam pencahayaan baik, hasil foto yang ditampilkan memang cukup detail. Namun tidak demikian saat pencahayaan kurang. Hasil tangkapannya memproduksi noise cukup banyak.

Namun secara garis besar, kamera perangkat ini cukup dapat diandalkan untuk sekadar mengabadikan momen-momen penting atau mengunggahnya di media sosial. Xiaomi juga menyediakan modus manual, tapi terbatas untuk white balance dan ISO saja.

Adapun kamera depan smartphone ini adalah 5MP dengan hasil yang dapat dikatakan tak begitu spesial. Tanpa berlama-lama, berikut ini hasil tangkapan dari Redmi Note 4. 

Xiaomi Redmi Note 4

Xiaomi Redmi Note 4

Xiaomi Redmi Note 4

Xioami Redmi Note 4

3 dari 5 halaman

Fitur Khusus

Karena sudah menjalankan MIUI 8, Redmi Note 4 pun memiliki fitur Dual Apps dan Second Space. Kedua fitur ini sangat cocok bagi pengguna yang membutuhkan pembagian layaknya dua perangkat berbeda.

Untuk Second Space, pengguna dapat memanfaatkannya untuk membuat ruang yang berbeda dalam satu perangkat. Kamu dapat memasang sejumlah aplikasi lain yang terpisah dan menyimpan beragam data lain yang tak ingin dilihat pada tampilan awal.

Sementara untuk Dual Apps, memungkinkan pengguna memiliki dua aplikasi yang sama tapi dengan akun berbeda. Fitur ini cukup berguna bagi kamu yang menggunakan aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) dan WhatsApp dengan nomor berbeda.

Terakhir, adalah kehadiran sensor infrared. Berbekal aplikasi Mi Remote, kamu dapat mengubah perangkat ini layaknya remote untuk perangkat elektronik lain, seperti TV atau AC.

4 dari 5 halaman

Kesimpulan

Kesimpulan 

Xiaomi Redmi Note 4

Berbekal harga di kisaran Rp 2,4 juta, Redmi Note 4 hadir dengan fitur dan kemampuan yang terbilang lengkap. Daya tahan smartphone ini dapat menjadi pertimbangan bagi kamu yang mencari smartphone bandel untuk diajak beraktivitas seharian

Terlebih, smartphone ini cukup andal saat menjalankan sejumlah aktivitas multitasking. Meski tak begitu lancar saat menjalankan gim berkebutuhan tinggi, perangkat ini nyatanya masih dapat memuaskan saat memainkan gim kelas menengah.

Namun bagi kamu yang mencari smartphone dengan kamera kelas wahid, Redmi Note 4 ini jelas bukanlah pilihan utama. Hal itu lumrah mengingat banderol harga yang masuk di kelas menengah.

Kendati demikian, kamera perangkat ini terbilang cukup baik untuk sekadar keperluan mengabadikan momen penting atau eksis di media sosial. Apalagi, fitur ada di smartphone ini, seperti Dual Apps, Mi Remote, dan Second Space terbilang sangat menarik.

(Dam/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Bocoran Foto Beredar, Mi MIX 2 Hadir dengan Layar Lebih Luas
Artikel Selanjutnya
Xiaomi Bakal Produksi Massal Mi MIX 2