Sukses

Astronom Takjub Ada Badai Seukuran Bumi di Neptunus

Liputan6.com, California - Tak ada yang menyangka ada badai di Planet Neptunus. Badai itu berukuran sangat besar, bahkan menyamai Bumi.

Penemuan ini jelas membuat takjub para astronom University of California Berkeley yang mengamati Neptunus, yakni Ned Molter dan Imke de Pater.

Menurut pengamatan mereka, badai berukuran sekitar 9.000 kilometer dan berlangsung dari 26 Juni hingga 2 Juli 2017 lalu. Mereka juga menangkap foto badai Neptunus dan meningkatkan kecerahannya agar bisa melihat badai lebih jelas.

"Kami pikir ini adalah awan cerah yang biasanya muncul di Neptunus, akan tetapi ketika diamati lebih dekat itu bukanlah awan. Kami belum pernah liat pusaran besar seperti ini, bahkan bisa menjamah garis ekuator planet," ujar Molter sebagaimana dikutip Gizmodo, Selasa (8/8/2017).

Baik Molter dan De Pater menyatakan bakal menginvestigasi badai kompleks yang terjadi di planet terbesar keempat di Tata Surya itu. Dengan mempelajari gerak badai, mereka berharap bisa mengetahui karakteristik Neptunus yang dikenal sebagai planet berangin.

Sebelumnya pada Juni 2016, Teleskop Hubble NASA juga menemukan keanehan di wajah Neptunus. Saat itu, Neptunus memperlihatkan sebuah dark vortex (pusaran hitam) dengan ukuran sebesar negara Amerika Serikat.

Pusaran tercipta bukan tanpa peristiwa. Para ilmuwan menyebut, pusaran itu diperkirakan 'tumbuh' di Neptunus selama 22 tahun terakhir.

Pusaran ini awalnya menampakkan diri pada 1980. Saat itu, teleskop Hubble dan Voyager sempat menangkap penampakan pusaran yang masih memiliki ukuran kecil tersebut.

Seiring berjalannya waktu, para ilmuwan memiliki teori bahwa pusaran ini tumbuh akibat pembentukan udara dari gas es yang cair di atmosfer Neptunus.

(Jek/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Misteri Badai Salju di Planet Mars Bikin Ilmuwan Penasaran
Artikel Selanjutnya
Tiru Fenomena di Neptunus, Ilmuwan Ciptakan Hujan Berlian