Sukses

7 Fitur yang Layak Kamu Tunggu di iOS 11

Liputan6.com, Jakarta - Sistem operasi (OS) iOS terbaru milik Apple diperkirakan bakal meluncur ke pengguna iPhone dan iPad di seluruh negara pada September 2017.

Perusahaan rintisan mendiang Steve Jobs ini akan memperkenalkan sejumlah fitur baru nan inovatif pada iOS 11, khususnya bagi pengguna iPad.

Penasaran fitur-fitur unggulan apa saja yang Apple perkenalkan di iOS 11? Tanpa panjang lebar, berikut adalah 7 fitur iOS 11 yang layak kamu tunggu:

1. Kamera Lebih Baik

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus merupakan salah satu smartphone dengan kamera terbaik yang ada di pasaran, dan berkat iOS 11 keduanya akan tampil lebih baik. Lewat OS terbaru, pengguna akan diperkenalkan dengan berbagai cara untuk menangkap Live Photos, termasuk efek Loop and Bounce, dan opsi menangkap gambar dengan Long Exposure.

Modus kamera portrait yang hadir di iPhone 7 Plus pun akan ditingkatkan. Kamu dapat memanfaatkan fitur Optical Image Stabilization (OIS) dan kemampuan HDR untuk menghasilkan gambar yang lebih detail.

Satu fitur yang akan memuaskan pecinta fotografi adalah High Efficiency Image File Format. Dengan fitur ini, kamu dapat memotret lebih banyak foto dan video sebelum akhirnya kapasitas storage di smartphone penuh.

2. Control Center Bisa Dikustomisasi

Notification Center di iOS 11. Liputan6.com/ Yuslianson

Lewat iOS 11, Apple hadirkan Control Center yang lebih intuitif. Tak hanya itu, pengguna juga dapat mengatur tata letak tombol "Settings" dan fitur yang paling sering kamu gunakan di tempat yang diinginkan.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

1 dari 3 halaman

Keyboard dan App Store

3. Aplikasi Augmented Reality (AR)

Augmented Reality jadi barang jualan utama Apple di iOS 11. (Doc: Istimewa)

Jadi 'jualan utama' iOS 11-nya, Apple akan memperkenalkan aplikasi dan gim berbasis Augmented Reality (AR) untuk iPhone dan iPad.

4. Peningkatan Keyboard

Bagi pengguna iPad, tidak akan perlu lagi menekan tombol untuk mengganti huruf ke simbol (atau sebaliknya) saat akan mengetik. Di iOS 11, pengguna dapat melihat dan mengakses secara langsung semua simbol yang paling sering digunakan dengan menekan tombol keyboard beberapa saat.

Lalu bagaimana dengan pengguna iPhone? Bagi pengguna iPhone, Apple akan menghadirkan keyboard dengan modus one-handed. Tentunya lewat fitur ini, pengguna seri iPhone berlayar lebar (iPhone 6 Plus, iPhone 6s Plus dan iPhone 7 Plus) dapat mengetik dengan satu tangan.

5. Tampilan Baru App Store

Tampilan baru App Store di iOS 11. Liputan6.com/ Yuslianson

Jadi tempat pengguna mencari berbagai macam aplikasi dan gim, App Store tampil dengan antarmuka yang lebih menarik dari versi sebelumnya. Di versi terbarunya ini, kamu dapat menemukan gim dan aplikasi dengan lebih mudah.

2 dari 3 halaman

Siri dan iPad

6. Siri Lebih Pintar

Siri kini lebih pintar ketimbang seri sebelumnya. Liputan6.com/ Yuslianson

Siri kali ini juga akan mendapatkan pembaruan besar-besar di iOS 11. Dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin yang canggih, asisten virtual Apple ini akan lebih pintar, lebih intuitif, dan lebih "mirip manusia" saat diajak berkomunikasi.

7. Peningkatan Fitur Khusus di iPad

Melalui iOS 11, Apple tampaknya ingin mengoptimalkan kemampuan hardware yang dimiliki oleh jajaran seri iPad-nya. Lewat pembaruan ini, pengguna iPad akan diperkenalkan dengan fitur multitasking yang lebih baik dengan modus Split View dan Slide Over.

Tak hanya itu, pengguna akan juga akan melihat antarmuka App Dock yang baru. Dengan tampilan yang baru ini, pengguna dapat mengatur aplikasi favorit seperti yang kamu lakukan di Mac.

Tak dapat dimungkiri, tidak adanya fitur file manager bawaan di perangkat Apple memang banyak dikeluhkan oleh banyak penggunanya. Apple akhirnya mendengarkan keluhan tersebut dan memutuskan untuk memperkenalkan aplikasi Files.

Kini, pengguna dapat melihat dan mengatur file di iPad dan bisa diintegrasikan dengan layanan cloud storage seperti iCloud, Google Drive, dan Dropbox.

(Ysl/Cas)

 

Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Bikin Suara Speaker iPhone Makin Jernih
Artikel Selanjutnya
187 Ribu Aplikasi iPhone Terancam Tak Bisa Berjalan di iOS 11