Sukses

Teknologi Ini Bisa Tingkatkan Hasil Panen

Liputan6.com, Jakarta - Bagi petani, hal yang paling membanggakan adalah lahannya subur sehingga bisa menghasilkan banyak panen. Berbagai cara dilakukan petani, mulai dari membajak sawah hingga memberi pupuk, semua dilakukan agar hal tersebut terjadi.

Namun, ada kalanya cara konvensional tidak memberikan hasil yang memuaskan. Kini kehadiran teknologi dapat membantu petani untuk membantu mereka meningkatkan hasil panen.

Sejumlah peneliti dari Universitas Purdue, Amerika Serikat, sedang mengembangkan teknologi untuk pertanian. Mereka membuat alat yang bisa mengumpulkan data penting mengenai tanaman panen.

Alat ini memiliki komponen berupa radar laser, sensor pembeda warna, hingga sensor inframerah yang berfungsi untuk mengukur performa dan mengetahui karakter tanaman.

Dengan alat tersebut, petani jadi tahu langkah apa yang harus diambil. Misalnya menambah pupuk dan menyemprot pestisida untuk mengatasi hama. Uniknya, alat ini menggunakan sensor jarak jauh, sehingga pengguna tidak perlu berada di lahan. Alat tersebut juga dapat diletakkan pada traktor maupun drone.

Saat ini tim peneliti sedang fokus mengamati sorgum, sebuah tanaman yang berpotensi menjadi bahan bakar nabati. Adapun, alat ini masih dalam tahap pengembangan karena tim peneliti masih mempelajari kelebihan dan kelemahan teknologi tersebut.

Mereka berharap alat ini dapat berjalan dengan mengandalkan. Bahkan, salah satu peneliti ingin agar alat ini juga dapat berfungsi untuk memperkirakan dan menambah variasi hasil panen.

(Theofilus Ifan Sucipto/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Teknologi 5G Siap Mengudara, Bagaimana Nasib 4G?
Artikel Selanjutnya
Indonesia Tak Perlu Buru-Buru Adopsi 5G