Sukses

Alasan HP Genjot Gaming Laptop di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - HP baru saja meluncurkan lini gaming laptop terbarunya untuk pasar Indonesia. Lini yang diberi nama Omen ini hadir dengan mengandalkan tiga produk utama, yakni dua laptop dan satu PC desktop.

Selain dua produk andalan tersebut, HP juga memboyong sejumlah aksesori gaming lain yang masuk dalam lini Omen. Menurut President Director HP Indonesia David Tan, Omen merupakan kesatuan ekosistem gaming HP yang menyasar semua lapisan gamer.

Keputusan HP untuk menghadirkan lini Omen ke Indonesia bukannya tanpa alasan. David menuturkan, ekosistem gaming di Tanah Air yang kian bertumbuh menjadi salah satu alasan kuat HP meluncurkan seri gaming Omen.

Sebagai informasi, ini adalah kali pertama HP secara resmi memboyong lini gaming-nya ke Tanah Air. Sebelumnya, perusahaan asal Amerika Serikat ini mengandalkan seri Pavilion untuk kebutuhan bermain gim.

"Setiap tahun, pertumbuhan industri gim di Indonesia terus meningkat. Data dari Badan Ekonomi Kreatif menyebut kontribusi pasar gim di Indonesia di wilayah ASEAN terus bertambah tiap tahunnya. Jadi, kami rasa ini waktu yang tepat," ujarnya saat ditemui usai peluncuran seri Omen by HP di Jakarta, Rabu (9/8/2017).

Untuk diketahui, dalam dua tahun terakhir kontribusi pasar gaming Indonesia terus mengalami kenaikan. Pada 2015, kontribusi Indonesia mencapai 18 persen dari keseluruhan pasar, sedangkan pada 2016 naik menjadi 21 persen dari total sekitar US$ 1,7 miliar.

Lebih lanjut David menuturkan, ekosistem gim terutama e-Sport di Indonesia sudah semakin siap. Karenanya tak hanya menghadirkan lini gaming di Indonesia, HP juga bekerja sama dengan pelaku e-Sport lokal. Beberapa tim yang sudah menjalin kerja sama ini adalah Recca eSport, Mineski Talent, Boom ID, Donna Visca, dan Cindy Monica.

"Dengan ekosistem gaming yang semakin matang, tentu para pemain sudah memiliki spesifikasi yang dirasa paling sesuai dengan kebutuhannya dan HP hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Kami juga membuka komunikasi untuk mengetahui kebutuhan yang dirasa paling cocok untuk komunitas di Indonesia," ujarnya menjelaskan.

Mengingat makin fokus untuk menggarap pasar gaming, COO HP Indonesia, Hendry Widjaja menuturkan pihaknya menargetkan agar lini gaming HP mampu tumbuh di atas rata-rata pasar gim di Indonesia saat ini. Ia mengatakan, HP setidaknya dapat bertumbuh hingga dua digit.

Kendati telah resmi merilis lini gaming yang ditujukan untuk gamer profesional, HP nyatanya masih belum melupakan casual gamer. Hal itu dibuktikan dengan merilis seri Pavilion Power, yang terdiri dari laptop dan PC desktop.

"Lini Pavilion Power merupakan produk yang ditujukan untuk pengguna yang suka bermain gim, tapi memang kurang bermain dengan desain produk yang terlalu gaming. Karenanya, produk ini dapat menjadi pilihan karena sudah mampu menawarkan performa tinggi," ujar Gaming Market Development Manager HP Indonesia, Edo Jonathan Chandra.

Sekadar informasi, HP baru saja memperkenalkan produk yang masuk dalam jajaran Omen. Lini ini terdiri dari dua model laptop dengan layar 15 inci dan 17 inci, ditambah satu model PC desktop.

Adapun harga dari laptop seri Omen untuk ukuran layar 15 inci dimulai dari Rp 15,3 juta hingga Rp 26,5 juta. Sementara laptop dengan ukuran layar 17 inci dibanderol mulai dari Rp 30,3 juta hingga Rp 40,3 juta. Untuk desktop PC, HP membanderolnya dengan harga Rp 22,8 juta.

(Dam/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
ROG Chimera, Laptop Gaming Pertama Asus Berlayar 144Hz
Artikel Selanjutnya
AMD Ryzen PRO Siap Perkuat Desktop Kelas Bisnis