Sukses

3 Perbedaan Antara HTTPS dan HTTP

Kenapa situs web A pakai awalan HTTP, sementara situs web B pakai awalan HTTPS?

Liputan6.com, Jakarta - Waktu mengklik alamat situs web, bila cermat, kamu akan mendapati dua jenis awalan alamat, yaitu HTTP dan HTTPS.

Boleh jadi kamu bingung, kenapa situs web A menggunakan awalan HTTP, sedangkan situs web B memakai awalan HTTPS.

Perbedaan keduanya memang sangat sederhana, yakni huruf "S". Namun, justru inilah yang membuat HTTPS lebih baik ketimbang HTTP. 

Nah, untuk mengetahui perbedaan antara HTTPS dan HTTP, simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

1. Awalan Alamat

HTTP kependekan dari HyperText Transfer Protocol, sebuah sistem yang mentransmisikan dan menerima informasi di antara client (pengguna) dan server (peladen). HTTP diawali HTTP:// dan HTTPS dimulai HTTPS://.

2. Enkripsi

Huruf S pada HTTPS berarti Secure. Proses transmisi dan penerimaan data antara client dan server pada HTTPS melalui enkripsi terlebih dahulu, sementara pada HTTP tidak.

Maka itu, keamanan HTTPS dapat dipastikan lebih baik daripada HTTP.

3. Sertifikat Digital

HTTPS membutuhkan sertifikat digital untuk proses validasi, sementara HTTP tidak. Penggunaan sertifikat digital pada umumnya tidak gratis alias berbayar. Namun ada pula sebagian kecil penyedia sertifikat digital cuma-cuma.

Itulah penjelasan simpel mengenai perbedaan antara HTTPS dan HTTP.

(Why/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.