Sukses

Gamer Wanita Ini Dukung Wacana eSports Masuk Kurikulum

Liputan6.com, Jakarta - Wacana pemerintah untuk memasukkan eSports ke kurikulum pendidikan disambut baik pelaku eSports Tanah Air. Salah satunya adalah gamer wanita yang dikenal dengan nama Kimberly Ku atau lebih dikenal dengan Hime.

Menurutnya, wacana pemerintah untuk memasukkan eSports dalam kurikulum merupakan hal yang bagus. Ia beralasan, eSports sebenarnya bukanlah bidang yang dapat dipelajari sendiri begitu saja sehingga membutuhkan

"Saya berharap itu benar-benar dilakukan ya. Sebab, eSports bukanlah sesuatu yang mudah dipelajari secara otodidak. Ada banyak taktik dan strategi untuk memainkannya," ujarnya saat ditemui di sela-sela peluncuran Omen by HP di Jakarta, Rabu (9/8/201) kemarin.

Ia menuturkan, masih banyak yang menganggap eSports hanya sekadar bermain gim. Padahal, ada banyak teori dalam melakukan hal tersebut. Beragam teori itu termasuk strategi dan taktik yang akan digunakan saat bertanding.

"Sama sekolah atlet pada umumnya yang mengajarkan strategi dan taktik untuk meraih kemenangan. eSports juga perlu melakukan yang sama untuk meraih kemenangan, seperti belajar taktik dan perlu latihan," ujar wanita yang kini bergabung dengan tim Boom ID ini.

Menyoal mengenai komunitas eSports di Tanah Air, Hime menuturkan kini Indonesia sudah memiliki cukup banyak pemain. Bahkan, ia menyebut eSports di Indonesia kini sedang berkembang pesat.

Sekadar informasi, wacana mengenai masuknya eSports ke kurikulum pendidikan kembali dilontarkan oleh Presiden Jokowi saat membuka Pasanggirinas dan Kejurnas Silat ASAD 2017 di Jakarta Timur.

Menurutnya, jurusan atau pendidikan yang ada sekarang ini dianggap terlalu monoton. Karenanya, perlu melakukan penambahan jurusan baru yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan saat ini.

"Mengapa tidak kita bikin jurusan megatronika, jurusan logistik, jurusan retail, jurusan animasi, bahkan jurusan eSports," ujarnya.

Perkembangan eSports sendiri secara global memang terus meningkat. Bahkan, Olympic Council of Asia dan Alisports sempat melontarkan wacana kompetisi eSports menjadi salah satu cabang olahraga pada Asian Games 2022 di Tiongkok. 

(Dam/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini : 

Artikel Selanjutnya
CEO Tokopedia: e-Commerce Indonesia Pasti Bisa Lampaui Tiongkok
Artikel Selanjutnya
Temui Mendikbud, Yenny Wahid Luruskan Polemik Full Day School