Sukses

Keren, Alibaba Bakal Jual Mobil Lewat Vending Machine

Liputan6.com, Jakarta - Vending machine umumnya hanya menjual produk ringan, seperti makanan, minuman, atau rokok. Namun raksasa e-Commerce asal Tiongkok, Alibaba, berencana untuk menawarkan mobil dengan menggunakan vending machine.

Dikutip dari Telegraph, Sabtu (12/8/2017) Alibaba akan memanfaatkan aplikasi di smartphone untuk melakukan transaksi. Jadi, calon pembeli dapat memilih mobil yang akan dibeli. Setelah itu, mobil akan dikeluarkan dari menara yang didesain khusus.

Genera Manager Divisi Otomotif Alibaba, Yu Wei, menuturkan layanan baru ini merupakan era baru dalam bidang penjualan mobil. Melalui cara penjualan seperti ini, konsumen dapat membeli mobil semudah membeli minuman kaleng.

Kehadiran ini mesin penjual otomatis ini diprediksi dapat mengurangi pengeluaran perusahaan untuk karyawan dan gudang. Terlebih, cara unik ini diharapkan dapat menarik kelas menengah di Tiongkok yang dilaporkan telah meningkat permintaannya.

Nantinya, mesin penjualan ini akan terhubung dengan sistem online yang berisi informasi seputar pembiayaan dan peringkat kredit calon pembeli. Dengan cara ini, Alibaba dapat memberi kredit bagi calon pembeli yang memiliki rating bagus.

Sebagai informasi, ini bukan kali pertama konsep vending machine diterapkan dalam penjualan mobil. Konsep serupa sebelumnya sudah dilakukan oleh Autobahn, penjual mobil bekas di Singapura.

Selain di Singapura, perusahaan asal Amerika Serikat Carvana juga menjual mobil dengan konsep vending machine. Perusahaan itu membuka mesin penjual otomatis tersebut pada Maret 2017 di bangunan berlantai 8 yang mampu menampung 30 mobil.

(Dam)

Tonton Video Menarik Berikut Ini : 

Artikel Selanjutnya
Bocoran Model Baru Mobil Listrik Honda
Artikel Selanjutnya
Pangkas Harga, Sony Siapkan Bundling PlayStation VR