Sukses

5 Robot Ini Bisa Ekspresikan Emosi Layaknya Manusia

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa tahun terakhir, banyak analis dan ilmuwan yang memprediksi robot atau sistem automasi yang didukung kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) akan mengambil alih pekerjaan manusia.

Berbekal fisik yang menyerupai manusia, tak mengherankan jika robot humanoid akan semakin sulit dibedakan dari manusia.

Terlebih lagi, beberapa robot terkini memiliki kemampuan berbicara dan berjalan. Bahkan ada yang mampu mengekspresikan emosi layaknya manusia.

Meski berguna untuk membantu orang tua hingga anak-anak dalam melaksanakan tugas sehari-hari, beberapa pihak menyuarakan keprihatinan atas semakin canggihnya teknologi robot dan AI.

Meski begitu, teknologi pengembangan robotika pun harus melalui jalan yang panjang, dan masih banyak hal yang harus dilakukan sebelum akhirnya kita bisa melihat atau berinteraksi langsung dengan robot humanoid yang sempurna.

Tanpa panjang lebar, berikut adalah lima robot humanoid yang paling mirip dengan manusia sebagaimana dikutip dari laman Futurism, Sabtu (12/8/2017).

1. Kodomoroid

Kodomoroid. (Doc: Futurism)

Pada 2014, ilmuwan Jepang memperkenalkan dan mengklaim Kodomoroid sebagai robot Android pembaca berita pertama di dunia. Layaknya pembawa berita pada umumnya, ia mampu membaca berita tentang gempa bumi dan serangan FBI saat siaran langsung di salah satu stasiun TV setempat.

Diketahui, saat ini robot tersebut tersimpan dan masih aktif di Tokyo’s National Museum of Emerging Science and Innovation.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

1 dari 3 halaman

Geminoid DK dan Junko Chihira

2. Geminoid DK

Geminoid DK. (Doc: Futurism)

GeminoidDK adalah robot humanoid paling mirip dengan manusia yang dibuat berdasarkan kerja sama antara Universitas Osaka dan perusahaan swasta di Jepang.

Di bawah pengawasan Hiroshi Ishiguro, Director Intelligent Robotics Laboratory di Universitas Osaka, GeminoidDK dibuat berdasarkan sosok profesor Denmark Henrik Scharfe di Aalborg University, Denmark.

Tak hanya memiliki tampilan fisik yang serupa. ia juga memiliki perilaku, sifat, dan gerak tubuhnya 'ditiru' dengan sempurna oleh GeminoidDK.

3. Junko Chihira

Junko Chihira. (Doc: Futurism)

Seperti GeminoidDK, robot yang bernama Junko Chihira tampil dengan sosok yang super mirip layaknya manusia. Dibuat oleh Toshiba, Junko saat ini bekerja di pusat informasi turis di Tokyo.

Dalam tugasnya, ia bisa menyapa pengunjung dan menginformasikan berbagai acara yang sedang berlangsung di tempat wisata. Luar biasanya, ia bisa berbicara bahasa Jepang, Tiongkok, Inggris, Jerman, dan bahkan bahasa isyarat.

2 dari 3 halaman

Nadine dan Sophia

4. Nadine

Nadine. (Doc: Futurism)

Nadine merupakan humanoid yang diciptakan oleh Nanyang Technological University di Singapura. Seperti manusia yang senang bersosialisasi, Nadine senang mengajak ngobrol lawan bicaranya.

Uniknya, ia mampu mengingat berbagai hal-hal yang telah dibicarakan. Mampu "bersosialisasi" dengan lawan bicara, Nadine dapat menjadi pendamping pribadi, entah itu untuk orang tua, anak-anak atau mereka yang membutuhkan bantuan khusus dalam bentuk kontak manusia.

5. Sophia

Sophia. (Doc: Futurism)

Dari robot dan humanoid yang disebut di atas, salah satu humanoid yang paling menonjol dan sering muncul di publik adalah Sophia.

Sempat muncul di salah satu acara The Tonight Show yang dipandu oleh Jimmy Fallon, Sophia dibuat oleh Hanson Robotics. Ia juga mampu mengekspresikan emosi yang berbeda melalui wajahnya.

(Ysl/Cas)

Artikel Selanjutnya
Bisa Sembuhkan Depresi, Robot Seks Ini Dijual Rp 133 Juta
Artikel Selanjutnya
Mengenal 4 Tipe Seksualitas Pria