Sukses

iPhone dan Mac Kamu Diretas? Lakukan Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengguna perangkat Apple, seperti iPhone dan MacBook di Indonesia mengaku perangkatnya telah menjadi korban peretasan. Melalui kicauan di Twitter, banyak pengguna yang mengeluhkan perangkatnya telah tersandera hacker.

Melihat kicauan tersebut, ada kemungkinan peretas telah mengakui akun Apple ID dan password-nya terlebih dulu sebelum melakukan aksinya. Ada sejumlah cara untuk mendapatkan akun tersebut, salah satunya melalui email phishing.

Lantas, bagaimana jika ada informasi bahwa akun ID Apple kamu diretas? Cara yang dapat dilakukan adalah mencoba mengatur ulang password atau membuka kunci akun. Dikutip dari situs resmi Apple, Jumat (11/8/2017), sebaiknya segera ubah password.

Segera setelah itu, tinjau seluruh informasi pribadi dan keamanan di akunmu. Apabila ada perubahan yang tak dikenal, perbarui segera informasi tersebut termasuk pertanyaan keamanan, email alternatif, atau nomor telepon.

Sebagai tambahan, atur pula fitur verifikasi dua langkah untuk Apple ID yang digunakan. Fitur tambahan ini dapat mencegah orang lain mengakses akun, meski sudah mengetahui password pengguna.

Apabila seluruh langkah tersebut sudah dilakukan dan tak perubahan, kamu sebaiknya segera menghubungi layanan pelanggan Apple. Sementara bagi kamu yang belum merasa menjadi korban, tak ada salahnya untuk segera meninjau keamanan akun sekarang.

Kendati demikian, kamu juga dapat melakukan tindakan pencegahan sebelum menjadi korban. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan email yang masuk berasal dari Apple.

Jika ada email mencurigakan sebaiknya tak perlu digubris dan hindari mengisi informasi ke situs yang ada di email itu. Sebab dalam kasus kali ini, sejumlah pelapor mengaku sebelumnya telah mendapatkan email dari akun yang diduga Apple.

Namun setelah ditelusuri, email tersebut ternyata tak berafiliasi dengan Apple alias palsu. Selain itu, lakukan pembaruan password untuk mengamankan akun kamu dari pihak tak bertanggung jawab. 

(Dam/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini :

 

Artikel Selanjutnya
5 Cara Bikin Password yang Bisa Kelabui Hacker dan Komputer
Artikel Selanjutnya
Hacker Sandera Perangkat iPhone dan Mac di Indonesia