Sukses

10 Screensaver Windows Jadul yang Hits di Era 90-an

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu fitur yang paling sering digunakan pengguna di sistem operasi Windows  jadul (jaman dulu, baik itu Windows 95, 98, atau XP) adalah screensaver.

Ya, screensaver adalah fitur khas Windows yang menyala saat pengguna mengistirahatkan komputer. Biasanya, screensaver menampilkan animasi bergerak atau sekadar kumpulan gambar unik.

Screensaver diciptakan untuk mencegah konsumsi daya yang berlebih akibat layar komputer dinyalakan secara statis dalam jangka waktu berjam-jam.

Karenanya, screensaver dibuat dengan cara coding gambar bergerak dalam kapasitas cahaya redup untuk meminimalisasi konsumsi daya ekstra.

Sayang, seiring berkembangnya teknologi yang makin maju, sistem operasi Windows terbaru seperti Windows 10 tak lagi mengadopsi fitur screensaver. Padahal, fitur ini dulu begitu populer dipakai di era 1990-an.

Nah, untuk kembali napak tilas fitur yang dianggap paling 'canggih' pada masanya ini, Tekno Liputan6.com akan menyuguhkan kumpulan screensaver Windows  jadul yang begitu populer.

Ada 10 jenis screensaver yang mungkin saja pernah kamu gunakan. Apa saja? Berikut daftarnya sebagaimana dilansir BuzzFeed, Minggu (13/8/2017). Selamat bernostalgia!

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

1 dari 4 halaman

Bendera hingga Logo Windows

1. Bendera Windows

Screensaver ini adalah salah satu screensaver paling klasik. Ia menampilkan logo bendera Windows berkibar dalam layar gelap yang terbang ke segala arah.

2. Ulat dan Daun

Salah satu screensaver paling unik di Windows, di mana menampilkan layar dengan dedaunan dan sekumpulan ulat bulu yang seolah bergerak dari dalam layar komputer. Agak menggelikan, tetapi juga sangat lucu.

3. Logo Windows Terbang

Sama halnya dengan screensaver bendera Windows, screensaver ini memperlihatkan logo Windows warna-warni berdatangan dari arah jauh.

2 dari 4 halaman

Distorsi hingga Prisma

4. Distorsi

Salah satu screensaver paling "aneh" dan membuat panik pengguna Windows. Sebab, screensaver ini menampilkan distorsi di layar komputer yang membuatnya seolah-olah rusak.

5. Kalimat Terbang

Salah satu screensaver yang juga tak kalah populernya adalah screensaver yang menampilkan kalimat yang berputar-putar dan terbang. Menariknya, pengguna bisa mengganti kalimat screensaver sesuka hati.

6. Screensaver Prisma

Screensaver paling artsy, ia menampilkan animasi garis-garis berwarna neon yang bergerak kesana kemari membentuk prisma segitiga yang cantik.

3 dari 4 halaman

Akuarium hingga Labirin

7. Akuarium

Screensaver akuarium diklaim menjadi screensaver terfavorit penggunanya. Ia menampilkan animasi indah dengan kumpulan makhluk laut yang seolah-olah menyelam dari dalam air.

8. Astronot

Selain akuarium, screensaver ini juga menjadi salah satu yang populer dan paling ikonik. Tak perlu banyak penjelasan, screensaver cuma menampilkan diorama luar angkasa beserta Stasiun Luar Angkasa dan astronot terbang.

9. Rumah Hantu

Sesuai dengan namanya, screensaver menampilkan diorama rumah hantu. Ada sejumlah animasi lampu menyala, bulan yang bergerak, hingga kelelawar terbang ke sana sini, melengkapi suasana screensaver kian mencekam.

Berani pasang screensaver ini saat malam hari? Coba saja.

10. Labirin

Screensaver favorit dan pilihan Tekno Liputan6.com. Layaknya gim labirin, screensaver seolah membawa penggunanya menelusuri labirin tanpa henti yang tak ada ujungnya.

(Jek/Cas)

Artikel Selanjutnya
Bikin Fans Heboh, Teaser Lagu Baru BTS Ditonton 9 Juta Kali
Artikel Selanjutnya
Serunya Memburu Rilisan Fisik di Festival Kaset Bandung