Sukses

Cara Jitu Bikin Foto Bokeh Maksimal di Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Foto bokeh bisa dibilang salah satu macam foto yang banyak digemari. Banyak orang mengira, foto bokeh cuma bisa dihasilkan dengan menggunakan kamera DSLR.

Apa betul begitu? Betul sih, tetapi tidak sepenuhnya betul karena sekarang beberapa vendor smartphone sudah menyematkan kemampuan menghasilkan foto bokeh pada kameranya.

Namun kalau diperhatikan, kemampuan itu rata-rata baru ada pada smartphone di rentang mid-end hingga flagship. Tentu saja harganya masih relatif mahal.

Untungnya saat ini ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk menghasilkan foto bokeh maksimal di kamera smartphone. Tunggu apa lagi, simak penjelasannya berikut ini.

Langkah pertama, cari objek yang ingin kamu bikin foto bokeh. Usahakan lensa kamera smartphone kamu betul-betul fokus ke objek itu.

Berikutnya buka Google Play Store, cari aplikasi bernama BlurBokeh. Instal, lalu buka aplikasi tersebut.

1 dari 2 halaman

Cara Jitu Bikin Foto Bokeh Maksimal di Smartphone

Ketuk tombol "Start". Ada empat menu di sana, ketuk menu "Gallery" untuk memilih foto yang sebelumnya sudah diambil.

Selanjutnya kamu akan menemukan enam menu. Gunakan menu "Zoom" untuk memperbesar foto, yang memudahkan kamu dalam memilih area background yang akan dibuat bokeh.

Pakai menu blur untuk membuat background tersebut bokeh, dengan cara menyapu (swipe) satu arah. Lakukan terus menerus hingga area background menjadi bokeh maksimal. O ya, di sana ada setelan tingkat bokeh yang bisa kamu pilih sesuai selera kamu.

Ketuk tombol centang di pojok kanan atas. Lalu kamu akan mendapati beberapa efek tambahan. Pilih sesuai selera, tetapi kalau kamu merasa tak perlu efek itu, langsung ketuk tombol centang di pojok kanan atas.

Selanjutnya ada beberapa menu, yakni langsung upload ke Instagram, share, save, dan upload ke Facebook. Saran kami, pilih saja tombol "Save" supaya hasil akhir foto itu tersimpan di Gallery.

Selesai! Bagaimana, mudah bukan?

(Why/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Top 3: Pengaturan Bikin Android Canggih, Komeng jadi Wali Nikah
Artikel Selanjutnya
Trik Bikin Foto HDR Keren Pakai Kamera Smartphone