Sukses

Cegah Phishing, Google Tambah Keamanan Ekstra di Gmail iOS 

Setelah Gmail di perangkat Android, Google juga menambah keamanan ekstra untuk melindungi Gmail iOS dari serangan phishing.

Liputan6.com, Jakarta - Google tampaknya langsung bergerak cepat usai penipuan siber (phishing) di Google Docs beberapa waktu lalu. Raksasa mesin pencari ini langsung menambah fitur keamanan ekstra pada Gmail Android untuk menandai email tipuan yang mencoba menarik pengguna.

Kini, Google juga melakukan hal yang sama pada Gmail untuk iOS. Dilaporkan Wareable, Senin (14/8/2017), Google diketahui telah membekali sistem keamanan anti-phishing pada Gmail untuk perangkat berbasis iOS (iPhone atau iPad).

"Saat kamu mengklik tautan mencurigakan di Gmail iPad atau iPhone, kami akan langsung menampilkan tulisan peringatan di bawahnya," demikian pernyataan Google lewat blog resminya.

Google merekomendasikan pengguna agar lebih waspada sebelum membuka sebuah email yang dirasa mencurigakan.

"Lakukanlah jika memang Anda sudah yakin (email atau tautan) tak berisiko," ujarnya.

Phishing sendiri merupakan penipuan berkedok penyamaran pada pengguna akun tertentu untuk mencuri data dan informasi pribadi. Biasanya pelaku menyematkan tautan (link) sebagai cara untuk mencuri informasi korban. 

Lebih lanjut, Google mengatakan, apabila penelusurannya telah memastikan tautan yang dibuka adalah palsu, Gmail akan menampilkan pesan di layar bahwa situs yang dibuka adalah trik untuk mencuri informasi penting, seperti data pribadi dan keuangan.

"Kalau kamu yakin tautan itu aman, kamu tinggal membukanya saja, tetapi Google sudah memperingatkan bahwa risiko kamu tanggung sendiri," ujarnya.

 (Cas/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.