Sukses

Unik dan Nyentrik, Ini Wajah Kantor Facebook Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Facebook baru saja membuka kantornya di Indonesia. Jejaring sosial yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg itu pun mengundang media untuk berkunjung ke kantor Facebook Indonesia yang beralamat di Gedung Capital Place, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (14/8/2017).

Kantor Facebook terletak di lantai 49 Capital Place, yang lokasinya satu kawasan dengan Hotel Four Seasons Jakarta. Begitu masuk, Tekno Liputan6.com langsung bisa melihat resepsionis Facebook Indonesia yang dilengkapi dengan karya seni seniman lokal Rudy Atjeh.

Karya seni itu dipajang di tembok langit-langit, dan dibuat menggunakan kumpulan kertas putih yang halus untuk menggambarkan berbagai bentuk tanaman dan hewan asli Indonesia.

Hal tersebut bertujuan untuk mencerminkan semangat dan identitas gigih yang dibangun oleh Indonesia.

Selanjutnya, kami melihat berbagai hiasan berupa kutipan-kutipan penyemangat yang dipajang di dinding Facebook, lengkap dengan hiasan bertuliskan Facebook Indonesia.

Di bawah hiasan kutipan terdapat dua buah perangkat iPad yang dapat digunakan untuk registrasi pengunjung yang datang ke kantor Facebook Indonesia entah untuk sekadar berkunjung, interview, meeting, maupun keperluan bisnis.

Begitu masuk ke dalam, terdapat sebuah microkitchen tempat karyawan dan tamu bisa memesan minuman ringan. Di depannya, terdapat dinding tempat tamu bisa menulis pesan untuk Facebook Indonesia.

Di samping kantin tersebut, ada sebuah pintu menuju ruang kerja. Sayangnya, ruang kerja tak bisa diakses selain oleh karyawan Facebook.

Tepat di samping ruang karyawan, tamu bisa bersantai di ruang yang didesain sangat cantik oleh seniman Mulyana. Area ini memperlihatkan karya seni rajutan bertema kehidupan laut lengkap dengan meja kursi untuk bersantai.

1 dari 3 halaman

Masuk Lebih Dalam

Beralih ke dalam, terdapat sebuah ruangan yang bisa dipakai untuk konferensi pers atau acara-acara pertemuan.

Selanjutnya ada pilar-pilar yang dihias dengan lukisan topeng tradisional karya seniman Indieguerillas yang mewakili kepulauan Indonesia. Di sekitar pilar-pilar itu terdapat sofa yang bisa dipakai untuk duduk bersantai.

Facebook Indonesia juga memiliki tiga ruang meeting berukuran besar yang masing-masing namanya merupakan nama permainan Indonesia seperti Congklak, Petak Umpet, dan Balap Karung.

 

Di depan ruang meeting itu terdapat sebuah lorong yang sepanjang dindingnya dihias dengan mural karya Agung Prabowo. Mural tersebut menggambarkan kedamaian dan beragam perbedaan di Indonesia.

2 dari 3 halaman

Indonesia Pasar Penting Facebook

Facebook Indonesia sengaja memperkenalkan kantor barunya pada bulan Agustus, berdekatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Menurut Country Director Facebook Indonesia Sri Widowati, hal tersebut sekaligus sebagai upaya Facebook merayakan ulang tahun Indonesia yang ke-72.

"Karena Indonesia merupakan salah satu pasar penting untuk Facebook dengan jumlah pengguna yang terus tumbuh dari berbagai usia," kata Wido, sapaan karib Sri Widowati.

(Tin/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Dandan Bareng Girls Squad, Jessica Iskandar Malah Ditertawakan
Artikel Selanjutnya
Tukang Cukur Ciptakan Sosok Kim Jong-un di Rambut Konsumennya