Sukses

3 Alasan untuk Mempelajari Fotografi

Liputan6.com, Jakarta - Fotografi semakin populer, terutama disebabkan perkembangan kamera pada smartphone. Banyak foto-foto indah lahir tidak hanya dari kamera mandiri, tapi juga smartphone.

Belajar menggunakan kamera dengan baik akan membuat kegiatan fotografi menjadi lebih menyenangkan. Fotografi itu seperti terapi. Berbekal kamera dan waktu untuk memotret, Anda bisa mendapatkan waktu luang yang menyenangkan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun masih ada orang yang tidak menikmati proses kreatif pengambilan foto. Padahal berbekal lebih banyak pengetahuan soal fotografi akan membuat momen memotret menjadi lebih menyenangkan.

Karena itu, untuk menghasilkan foto yang indah dan menarik, tidak ada salahnya mempelajari berbagai hal terkait fotografi. Fotografer profesional, Kevin Landwer-Johan, berbagi tiga alasan bagus kenapa Anda harus mempelajari lebih banyak tentang fotografi, seperti dikutip dari Digital Photography School, Senin (21/8/2017).

1. Bisa membuat foto yang menarik

Kebanyakan orang gemar berbagi foto dan melihat respon dari keluarga dan teman-teman. Bahkan menjadi lebih menyenangkan ketika ada orang asing menghargai foto Anda.

Keinginan agar foto dapat menarik perhatian orang lain, bisa menjadi motivasi untuk mempelajari fotografi. Namun membuat foto Anda menjadi terkenal bukan hal yang mudah. Maka luangkan sedikit waktu untuk mempelajari seperti pencahayaan, exposure, warna, tone, komposisi dan waktu pengambilan foto. Berbagai hal tersebut dapat membuat foto menjadi lebih kreatif dan menarik.

Dengan mempelajari fotografi, Anda bisa tahu tentang komposisi. Mempelajari aturan komposisi dan mempraktikkannya akan membuat foto tampil lebih menarik. Seperti langkah kreatif lainnya, mempelajari berbagai aturan akan membuat Anda mengimplementasikannya tanpa benar-benar berpikir tentang hal tersebut. Hal ini membuat Anda menjadi lebih kreatif.

Anda juga bisa mengetahui lebih banyak tentang waktu pengambilan foto. Untuk piawai dalam hal ini, dibutuhkan riset dan praktik. Belajarlah untuk mengantisipasi berbagai hal, pilih waktu terbaik untuk mengambil foto dan pergerakan momen, untuk meningkatkan kemampuan fotografi.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Membantu menggunakan kamera dengan nyaman

Ilustrasi (Foto: Reuters/Athit Perawongmetha)

Menggunakan kamera dengan baik dan merasa nyaman akan menghasilkan pengalaman fotografi yang lebih kreatif. Ada banyak orang yang memiliki kamera bagus, tapi tidak merasa nyaman menggunakannya.

Jika tidak memahami penggunaan kamera dengan baik, Anda kemungkinan akan frustasi saat menggunakannya da sangat mengecewakan.

Agar merasa nyaman dan dapat menggunakan kamera dengan baik, dibutuhkan waktu dan komitmen untuk belajar. Karena ada sejumlah model kamera dengan letak pengaturan berbeda, Anda harus mempelajarinya dan mempraktikkannya. Hal ini bisa membantu Anda menggunakan kamera tanpa rasa canggung.

3. Fotografi untuk terapi

Mengekspresikan kreativitas dengan kamera yang Anda pahami dan menikmati setiap memomennya, bisa menjadi sebuah terapi. Meluangkan waktu 10 atau 15 menit untuk memotret akan menyenangkan dan membuat Anda santai. Perasaan menyenangkan dan santai itu akan jauh lebih besar jika Anda menyediakan sesi fotografi lebih lama saat akhir pekan atau berlibur.

Jika menyukai fotografi, kegiatan memotret dapat membantu Anda melupakan segala kekhawatiran dan tekanan. Dengan begitu, proses kreatif tersebut dapat benar-benar dinikmati.

(Din/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Gunakan Jarum Suntik, Perawat Ciptakan Lukisan Mahakarya
Artikel Selanjutnya
9 Jurusan Kuliah Langka dengan Prospek Gaji Luar Biasa