Sukses

Ini 3 Dampak Negatif Terlalu Lama Pakai Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan perkembangan teknologi, berbagai hal kini bisa dilakukan dengan smartphone termasuk chatting, memotret, berselancar di media sosial hingga bermain gim. Tak heran, akhirnya banyak orang yang kecanduan smartphone dan tak mau lepas dari perangkat pintar tersebut.

Mengingat semakin banyak hal yang bisa dilakukan dengan smartphone, Anda harus bisa membatasi penggunaannya. Seperti ungkapan "Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik", penggunaan smartphone yang terlalu lama pun akan berdampak negatif.

Dampak negatif penggunaan smartphone tidak hanya mempengaruhi kesehatan, tapi juga psikologis. Berikut tiga dampak negatif jika terlalu lama menggunakan smartphone.

1. Mata cepat lelah dan insomnia

Saat sedang asyik menggunakan smartphone untuk bermain gim dan chatting, misalnya, mata Anda tidak bisa lepas dari layar.

Jika menatap layar dalam waktu yang lama, mata akan menjadi cepat lelah dan tegang. Akibatnya juga bisa mengurangi jarak pandang.

Selain itu, cahaya dari layar smartphone mengeluarkan radiasi sinar biru yang berbahaya bagi mata dan bisa membuat Anda menjadi sering merasa gelisah. Dampak lanjutan dari rasa gelisah ini bisa membuat insomnia atau kesulitan untuk tidur.

Karena itu, sebaiknya lindungi kesehatan dengan tidak menggunakan smartphone terlalu lama dan hindari tingkat brightness (kecerahan) yang tinggi. Kamu bisa mengatur sendiri tingkat kecerahan pada smartphone.

 

1 dari 2 halaman

Ini 3 Dampak Negatif Terlalu Lama Pakai Smartphone (II)

2. Gangguan Tulang Belakang

Terlalu lama menggunakan smartphone juga dapat mempengaruhi tulang belakang. Pasalnya, jika menggunakan smartphone dalam waktu lama sambil menunduk, akan membuat tulang leher dan punggung kaku.

Ilustrasi (Foto: foxnews.com)

Nah, agar hal itu tidak terjadi, ada baiknya jangan terlalu lama menunduk saat menggunakan smartphone. Namun, bukan berarti kamu boleh menggunakan smartphone dalam waktu lama tanpa menunduk.

3. Merasa Kesepian

Dampak negatif penggunaan smartphone tidak hanya pada kesehatan, tapi juga secara psikologis. Orang yang terlalu sering mengakses media sosial melalui smartphone, membuat mereka lebih mudah merasa kesepian.

Hal ini karena penggunaan smartphone yang berlebihan akan membuat kamu mengacuhkan lingkungan sekitar. Dampaknya kamu bisa saja dijauhi teman-teman, hingga akhirnya sering mengalihkan perhatian ke media sosial.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi jalantikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Din/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Bukan Hemat, Ini Tandanya Jika Anda Seorang yang Pelit
Artikel Selanjutnya
Terikat dengan Notifikasi Smartphone? Awas Kena Kelelahan Mental