Sukses

Luar Biasa, Remaja 17 Tahun Ini Juara Dunia Microsoft Excel

Remaja berusia 17 tahun ini berhasil menjadi juara pertama kompetisi tahunan Microsoft Office Specialist World Championship.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, spreadsheet (tabel data) seperti Microsoft Excel, tidak begitu menarik. Tapi hal tersebut tidak berlaku bagi John Dumoulin, yang berhasil menyabet juara pertama untuk kategori Excel 2016 dalam kompetisi Microsoft Office Specialist World Championship.

Microsoft Office Specialist World Championship adalah kompetisi tahunan dengan peserta terdiri dari anak-anak yang pandai menggunakan Microsoft Office di seluruh dunia.

Untuk tahun ini, Dumoulin berhasil membawa pulang piala juara pertama untuk kategori Excel setelah mengalahkan 150 peserta dari 49 negara dalam babak final.

Kemenangannya sekaligus membuat remaja 17 tahun ini sebagai peserta pertama dari Amerika Serikat (AS) yang meraih juara pertama untuk kategori Excel. Ia mengaku, sejak awal tidak menyangka akan memenangkan kompetisi tersebut.

"Saya awalnya benar-benar tidak menyangka akan menang karena saya tahu kompetisinya cukup sengit. Kompetisi ini diikuti oleh yang terbaik di dunia dari setiap negara," ujar pria asal Woodbridge, Virginia itu seperti dikutip dari CNN, Selasa (15/8/2017).

Para peserta selama kompetisi diberikan waktu selama 50 menit untuk menunjukkan kemampuan mereka dengan Microsoft Word, Excel atau PowerPoint.

Ada enam kategori dan para peserta bisa memilih versi program yang diinginkan, 2013 atau 2016. Untuk kategori Microsoft Excel, Dumoulin mengatakan mereka diberikan spreadsheet lengkap untuk dibuat kembali.

Dumoulin sendiri sudah cukup lama menggunakan Excel. Ia mulai membuat spreadsheet saat SMP untuk melacak statistik dari tim baseball favoritnya, Los Angeles Dodger. Lalu saat SMA, ia mengikuti ujian untuk mendapatkan sejumlah sertifikat aplikasi Microsoft termasuk Excel, dari program Teknologi Informasi (TI) sekolahnya.

Saat itu ia tidak tahu tentang kompetisi Microsoft dan tak menyangka ujian sertifikasi akan membawanya sebagai salah satu peserta. Kompetisi tersebut diadakan oleh Certiport yaitu sebuah perusahaan yang bekerja untuk mensertifikasi para karyawan dan pelajar dalam berbagai program seperti Microsoft Office. Siapa pun yang mengikuti ujian sertifikasi dianggap memenuhi syarat untuk mengikuti kompetisi.

Kerja keras Dumoulin berbuah manis. Total hadiah yang diterimanya sebesar US$ 10 ribu atau sekitar Rp 133 juta dan mendapatkan sebuah Xbox.

(Din/Isk)

Tonton Video Menarik Beirkut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.