Sukses

5 Fitur Populer Smartphone yang Terlupakan

Berikut adalah sejumlah fitur yang sempat menjadi tren, namun kini mulai ditinggalkan oleh pembuat perangkat.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan zaman membuat produsen smartphone berlomba-lomba menghadirkan fitur terbaiknya. Mulai dari sensor sidik jari, sensor wajah hingga pengisian daya nirkabel diperkenalkan.

Dari sekian banyak fitur, ada yang masih bertahan, ada juga yang perlahan ditinggalkan. Berikut adalah sejumlah fitur yang sempat menjadi tren, namun kini mulai ditinggalkan, bahkan tidak digunakan lagi.

Apa saja ya lima (5) fitur smartphone yang terlupakan? Simak selengkapnya rangkuman Tekno Liputan6.com berikut ini:

1. Keyboard Fisik

Dulu, semua ponsel menggunakan keyboard fisik. Ponsel seperti Nokia dan Sony Ericsson menggunakannya. Keyboard ini berkembang menjadi QWERTY seperti yang disematkan pada BlackBerry. Namun keyboard fisik tergantikan oleh layar sentuh (touchscreen).

Di awal kehadirannya, layar sentuh masih belum responsif dan nyaman digunakan. Beberapa perangkat menggabungkan layar sentuh dan keyboard fisik, seperti BlackBerry Storm.

Seiring berjalannya waktu, teknologi layar sentuh semakin canggih dan perlahan-lahan keyboard fisik ditinggalkan. Meski begitu, masih ada segelintir smartphone terbaru yang memakai keyboard fisik, yaitu BlackBerry KEYOne.

2. Trackball/Trackpad

Karena tidak ada layar sentuh, trackball atau trackpad dibutuhkan untuk menggerakkan kursor. Sayangnya, fitur ini tidak lepas dari kritikan. Misalnya saja trackball yang tersangkut di dalam, atau desain trackpad yang tidak kokoh.

Lagi-lagi fitur ini tergantikan oleh layar sentuh yang memudahkan pengguna untuk menggeser layar, mengetik, dan melakukan copy-paste. Demikian seperti dikutip dari laman Android Authority, Selasa (29/8/2017).  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Speaker

3. Speaker di Bagian Depan

Penempatan speaker di smartphone sempat berada di bagian depan. HTC adalah pionir konsep ini dengan merilis HTC One M7 pada 2013. Sejumlah produk pesaing seperti Nexus 6 dan Axon 7 mengikuti langkah HTC.

Sayangnya, pada 2016 tren ini menjadi surut. Bahkan HTC meninggalkan konsep awal mereka dengan menaruh speaker HTC 10 di bagian bawah.

4. Baterai yang Bisa Dilepas

Sejak lama, Apple menggunakan baterai yang tidak dapat dilepas. Kala itu, Samsung dan LG belum mau memakai baterai tanam. Akhirnya, mereka pun luluh dan mengikuti langkah Apple.

Salah satu alasan mereka beralih ke baterai tanam adalah daya tahan dari air dan debu. Baterai yang bisa dilepas relatif lebih mudah terkena air.

Fitur ini sudah tidak ditemukan di smartphone masa kini. Kalaupun ada, hanya segelintir ponsel dengan merek tertentu.

3 dari 3 halaman

Headphone Jack

5. Headphone Jack

Hilangnya headphone jack di smartphone menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini. Smartphone ternama seperti HTC, Motorola, dan Apple sudah menghilangkan headphone jack. Meski masih banyak smartphone yang menggunakannya, tren ini mulai berkurang.

Alasan terbesarnya adalah perubahan colokan menjadi USB type C. Pixel 2 yang akan dirilis Google pada Oktober 2017, juga menghilangkan headphone jack. Cepat atau lambat, Samsung dan LG akan mengikuti tren ini.

(Theofilus Ifan Sucipto/Isk)

 Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.