Sukses

2 Cara Mengunci Jaringan 4G pada Smartphone Android

Liputan6.com, Jakarta - Kita ketahui bersama paket data yang ditawarkan para operator seluler saat ini cukup ribet. Ada kuota jaringan 4G, kuota semua jaringan, kuota tengah malam, dan lain-lain.

Bagi sebagian pengguna, itu menyebalkan. Sebab, mereka cuma ingin menikmati layanan dengan bantuan jaringan tersebut tanpa perlu memikirkan kuota jaringan 4G tinggal berapa, kuota semua jaringan tinggal berapa, dan sebagainya.

Khusus kuota jaringan 4G, kalau paket data kamu lebih banyak menawarkan kuota tersebut, ada trik mudah yang bisa kamu lakukan, yakni membuat smartphone mengunci jaringan 4G saja.

Untuk itu, ada dua cara yang bisa kamu tempuh. Yuk, cari tahu penjelasannya di sini.

1. Manual

Cara pertama adalah dengan mengetik *#*#4636#*#*.

Seketika akan muncul tiga menu, yakni Device Information, Usage Statistics, dan Wi-Fi Information.

Pilih Device Information, lalu akan tampil berbagai informasi tentang perangkat kamu, mulai dari nomor IMEI, kekuatan sinyal, jaringan yang saat ini digunakan, dam lain-lain.

Gulir layar ke bawah, cari Set preferred network type. Pilih LTE only.

Selesai, sekarang smartphone kamu hanya akan menerima jaringan 4G. Selanjutnya ketuk tombol Home untuk kembali layar utama.

1 dari 2 halaman

Aplikasi

2. Aplikasi

Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi. Pada dasarnya aplikasi ini cuma berperan sebagai jalan pintas dari kode yang dibahas di atas.

Di Google Play Store ada beberapa aplikasi dengan fungsi seperti itu. Salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan adalah 4G Switcher (4G LTE Switch). 

Jadi, ketika kamu membuka aplikasi ini, kamu akan langsung mendapati menu Device Information, Usage Statistics, dan Wi-Fi Information. Langkah selanjutnya persis seperti yang dijabarkan di atas.

Namun, perlu diperhatikan, trik mengunci jaringan 4G hanya berlaku untuk kartu SIM 1. Oleh sebab itu, pastikan kartu SIM operator yang kamu gunakan, terpasang di slot 1. Kelemahan lainnya adalah setiap kali smartphone mati atau restart, setelan ini akan berubah seperti semula

Dua hal lain yang juga patut kamu perhatikan adalah area sekitar kamu mesti sudah terselimuti jaringan 4G dari operator yang kamu gunakan dan mungkin saja tidak semua merek smartphone Android bisa melakukan trik ini. 

Demikian cara mengunci jaringan 4G pada smartphone Android. Semoga tips ini berguna untuk kamu yang menginginkan akses internet cepat. 

(Why/Isk)

Artikel Selanjutnya
Transfer Data via SHAREit 200 Kali Lebih Cepat dari Bluetooth
Artikel Selanjutnya
Kode Tersembunyi di Android Oreo Ungkap Fitur Menarik, Apa Itu?