Sukses

9 Gim yang Bikin Smartphone Android Jadi Lemot

Liputan6.com, Jakarta - Gim dengan grafis berkualitas tinggi kerap dituduh sebagai aplikasi yang paling boros baterai dan menyedot performa. Namun dalam laporan terbaru 'Avast Android App Performance & Trend Report Q1 2017', Avast menemukan hal berbeda.

Candy Crush Saga atau Candy Crush Soda Saga, gim bergrafis 2D ternyata menjadi gim yang paling banyak menghabiskan sumber daya di smartphone Android. Keduanya berada di urutan paling atas dalam daftar gim yang membuat perangkat menjadi lemot. 

Berada di bawahnya, ada Piano Tiles 2, Clash of Clans, dan My Talking Tom. Khusus untuk Piano Tiles 2, gim ini diketahui paling menyedot kemampuan baterai smartphone bersama gim lain yakni Hill Climb Racing yang juga masuk dalam daftar. 

Berdasarkan pengujian dengan menggunakan perangkat Samsung Galaxy, Avast menemukan kedua gim itu dapat menghabiskan baterai kurang dari 3,5 jam. Padahal, gim tersebut dikenal memiliki grafis sederhana.

Tak perlu berlama-lama, berikut ini adalah daftar lengkap gim paling boros berdasarkan studi Avast. Sebagai informasi, laporan ini dibuat berdasarkan kumpulan data anonim berjumlah lebih dari 3 juta pengguna Android di seluruh dunia.

Data aplikasi yang terdapat dalam laporan ini mencakup periode Januari hingga Maret 2017 dan hanya merangkum aplikasi yang berasal dari Google Play. Avast menganalisa aplikasi ini dengan minimal ukuran sampel 50.000 penggunaan.

Gagan Singh, SVP dan GM Mobile Business Avast mengatakan bahwa statistik industri menunjukkan penjualan smartphone naik 9,1 persen pada kuartal pertama di tahun ini dan perangkat Android terus mendominasi pangsa pasar.

"Bagaimana pun juga, smartphone yang memiliki harga terjangkau mampu menyediakan fitur kapasitas penyimpanan yang memadai sehingga tingkat penggunaan aplikasi akan semakin tinggi. Itu dapat mempengaruhi performa ponsel,” ujarnya.

Gagan menuturkan, dengan mengetahui aplikasi favorit apa yang paling banyak mengkonsumsi daya baterai, data internet, dan kapasitas penyimpanan merupakan hal yang sangat penting sehingga pengguna dapat mengatur smartphone yang digunakan secara rutin.

(Dam/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini: 

 

Artikel Selanjutnya
Top 3: Gamer Pokemon Go Pergoki Pasangan Mesum Paling Hits
Artikel Selanjutnya
Top 3: Pengaturan Bikin Android Canggih, Komeng jadi Wali Nikah