Sukses

Seniman Asal Bandung Rancang Google Doodle HUT ke-72 RI

Liputan6.com, Jakarta - Hari Ulang Tahun ke-72 Republik Indonesia (RI) yang jatuh pada 17 Agustus 2017, juga turut dirayakan oleh Google.

Salah satu bentuk perayaan tampak dari ilustrasi penuh warna yang muncul dalam Google Doodle di laman utama pencariannya.

Kamu bisa mengintip ilustrasi tersebut di laman utama Google khusus Indonesia, yakni Google.co.id. Kalau kamu mengklik Google Doodle ini, otomatis akan dibawa ke laman hasil pencarian dengan kata kunci "Hari Kemerdekaan Indonesia".

Ada kisah menarik di balik pembuatan ilustrasi Google Doodle HUT ke-72 RI. Usut punya usut, ilustrasi itu ternyata digambar oleh seniman lokal bernama Aditya Pratama.

Ia merupakan ilustrator dan desainer yang berbasis di Bandung. Karya-karya seninya pun menggema di Tanah Air. Kamu bisa melihat karya-karyanya pada tautan ini.

Seperti diketahui, Google Doodle kali ini memperlihatkan enam avatar berupa orang Indonesia dari berbagai suku. Mereka berada di dalam satu perahu yang sama.

"Ilustrasi ini ibarat menampilkan semangat orang Indonesia yang bersatu dalam keragaman, yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang jadi semboyan nasional negara ini. Bhinneka Tunggal Ika sendiri berasal dari puisi Jawa pada abad ke-14 yang artinya juga membawa kebahagiaan bagi Indonesia," tulis Google dalam keterangan resmi seperti Tekno Liputan6.com kutip via blog Google.

Pada hari kemerdekaan RI kali ini pun, Jakarta selaku Ibu Kota dan beberapa kota besar lainnya menghelat parade dan karnaval, seperti marching band dan dekorasi bendera Merah Putih di berbagai sudut kota. Tak cuma itu, upacara bendera pun menjadi simbol utama hari yang juga disebut "17 Agustusan" ini.

Adapun perayaan hari kemerdekaan RI semakin meriah dengan sejumlah lomba permainan tradisional. Lomba-lomba dilakukan sebagai tanda untuk menghormati perjuangan pahlawan Indonesia pada waktu itu. Lomba-lomba yang lazimnya dilakukan seperti panjat pinang, balap karung, dan makan kerupuk.

Google dalam beberapa tahun terakhir memang selalu menampilkan ilustrasi bertema kemerdekaan setiap Dirgahayu RI. Pada tahun lalu, Google memamerkan ilustrasi tiga orang pengibar bendera pusaka (Paskibraka).

Pada 2015, Google memperlihatkan ilustrasi tugu proklamasi, dan pada 2014 raksasa teknologi ini juga memperlihatkan sebuah ilustrasi nyentrik yang dirancang seorang desainer lokal Indonesia.

Dua tahun sebelumnya pada 2012 dan 2013, Google memperlihatkan ilustrasi gambar burung Garuda dan lomba balap karung.

(Jek/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Pakai Baju Sunda Warna Ungu, Jokowi Buka Karnaval Kemerdekaan
Artikel Selanjutnya
Antusiasme Warga Meriahkan Karnaval Kemerdekaan 2017 di Bandung