Sukses

Channel Jokowi Siarkan Upacara HUT ke-72 RI Berformat Video 360

Liputan6.com, Jakarta - Upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang jatuh pada hari ini, Kamis (17/8/2017) juga disiarkan langsung di ranah digital.

Sama seperti tahun lalu, upacara HUT RI disiarkan dalam format video 360 derajat via akun YouTube Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Dengan format video 360 derajat, penonton bisa menyaksikan suasana hikmat upacara dari segala arah. Jadi, mereka seolah-seolah berada di lokasi yang sebenarnya. Video juga mengabadikan detik-detik pengibaran bendera merah putih di Istana Merdeka, Jakarta.

Penonton pun bisa mengganti angle video hanya dengan menggulirkan layar YouTube ke arah kanan, kiri, atas, atau bawah, dengan menggunakan mouse.

Jika penonton menyaksikan video via aplikasi smartphone, cukup buka aplikasi YouTube dan arahkan smartphone ke sudut yang diinginkan.

Namun, jika penonton ingin merasakan pengalaman yang lebih nyata, bisa memanfaatkan smartphone dan menghubungkannya ke perangkat Virtual Reality (VR) seperti Google Cardboard atau Samsung Gear VR.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa smartphone yang digunakan sudah harus dilengkapi dukungan teknologi VR.

Berbeda dengan tahun ini, Jokowi tidak menggembar-gemborkan soal siaran langsung video 360 derajatnya. Pada 2016, orang nomor satu di Indonesia itu memberitahukan warganet soal video 360 derajat lewat akun Facebook-nya.

Perayaan hari kemerdekaan tahun ini memang tak lepas dari yang namanya teknologi. Selain hadirnya video prosesi upacara dalam bentuk video 360 derajat, euforia '17-an' juga bergema di berbagai media sosial, termasuk Twitter.

Buktinya, pada hari ini tagar #RI72 merajai trending topic global. Selain itu, jika kamu menggunakan tagar ini di twitmu, akan muncul emoji logo merah dengan angka 72 yang desainnya diambil dari logo resmi buatan pemerintah.

Jika ingin menyaksikan rekaman video 360 derajat upacara HUT ke-72 RI, kamu bisa beranjak langsung ke tautan berikut ini.

(Jek/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Saksikan Live Streaming Malam Puncak HUT ke-27 SCTV