Sukses

Ini Estimasi Pemasukan Akun Twitter Presiden Jokowi dan SBY

Liputan6.com, Jakarta - Kamu yang aktif di jejaring sosial Twitter pasti pernah dengar istilah influencer, buzzer, atau key opinion leader (KOL). Mereka bukan selebritas, tetapi mereka punya pengaruh besar di mata follower yang jumlahnya mulai dari ribuan hingga jutaan.

Setiap kali menuliskan tweet atau mengunggah foto dan konten lainnya, mereka mendapat banyak respons dari follower bahkan dari non-follower. Respons itu bisa berupa retweet, reply, like, atau quote.

Di mata merek (brand), mereka bisa dijadikan mitra yang pas untuk "pasang iklan". Mereka terkenal, punya banyak pengikut, dan bisa memengaruhi pengikutnya--disadari atau tidak.

Namun, tentu saja cara mereka "mengiklankan" suatu produk berbeda dengan iklan pada umumnya. Misalnya kamu tidak akan pernah melihat mereka menuliskan tweet, "Wahai pengikutku, belilah produk ini."

Terlepas dari seperti apa mereka "mengiklankan" sesuatu, pemasukan yang mereka dapat dari perjanjian dengan brand terbilang besar, lo.

Menggunakan platform Webfluential, kali ini kami mencoba untuk mengukur estimasi pemasukan akun Twitter Presiden Jokowi Widodo (@jokowi) dan Susilo Bambang Yudhoyono (@SBYudhoyono). Keduanya terbilang cukup aktif di Twitter dan punya jutaan follower.

Nah, ada yang bisa tebak, berapa estimasi pemasukan mereka untuk setiap tweet jika mereka menjadi buzzer berbayar? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Ini Estimasi Pemasukan Akun Twitter Presiden Jokowi dan SBY

1. Estimasi pemasukan akun Twitter @Jokowi

Dengan jumlah follower delapan jutaan, estimasi pemasukan akun Twitter @Jokowi menurut Webfluential mencapai US$ 25.860-US$ 31.605 (sekitar Rp 300-400 jutaan) per tweet. Wow! Satu kali nge-tweet bisa beli mobil atau rumah baru nih!

2. Estimasi pemasukan akun Twitter @SBYudhoyono

Webfluential memerkirakan satu tweet dari akun Twitter @SBYudhoyono bernilai US$ 31.615-US$ 38.640 (sekira Rp 400-500 jutaan). Wajar saja jika angka itu lebih tinggi daripada angka untuk akun Twitter @Jokowi karena follower @SBYudhoyono lebih banyak, yakni sembilan jutaan.

Nah, kamu juga bisa cari tahu sendiri, berapa perkiraan pemasukan yang bisa kamu dapat kalau jadi buzzer di Twitter. Selamat mencoba!

(Why/Ysl/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Jubir: Tak Elok Kalau Pak JK Jadi Ketua Tim Pemenangan Jokowi
Artikel Selanjutnya
Tjahjo Kumolo Berharap Jokowi Maju dan Terpilih di Pilpres 2019