Sukses

Perkaya Konten untuk TKI, Telin dan KMK Online Jalin Kemitraan

Liputan6.com, Jakarta - PT Kreatif Media Karya (KMK Online), anak usaha dari PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek Group), resmi menjalin kemitraan dengan PT Telekomunikasi Indonesia Internasional atau Telin.

Kemitraan keduanya berfokus pada kerja sama memperkuat konten lokal yang ada di salah satu produk Telin, yaitu aplikasi AS 2in1.

Sekadar informasi, Telin yang juga merupakan anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) ini tertarik memperkaya konten lokal untuk pengguna Indonesia yang tinggal di Hong Kong, Taiwan, serta Macau. Karena itu, Telin mengajak PT KMK Online untuk membawa produk-produk digitalnya hadir secara eksklusif di AS 2in1.

Indarto Nata, CEO Telin Hong Kong, mengaku pihaknya telah memikirkan untuk membawa konten-konten Indonesia ke luar. Ide tersebut sudah tercetus sejak Maret 2017.

"Ada 160.000 orang Indonesia yang tinggal di Hong Kong. Tetapi, belum ada produk Indonesia langsung yang bisa mereka gunakan. Memang, ada produk telekomunikasi Indonesia semacam SIM card, tetapi itu langsung dari operator di sana (Hong Kong)," kata Indarto kepada Tekno Liputan6.com, saat menyambangi SCTV Tower, Jakarta, Jumat (18/8/2017).

"Dulu kami cuma menawarkan SIM card, sekarang kami ingin bergerak dengan cara digital. Sekarang banyak sekali keinginan kebutuhan pelanggan kita untuk mengakses konten Indonesia, salah satunya adalah TV. Mereka ingin sekali nonton channel TV Indonesia, makanya kita ingin fasilitasi," terangnya..

Indarto juga mengungkap produk KMK Online yang tersedia di dalam AS 2in1 tak cuma layanan video streaming Vidio, tetapi sejumlah portal berita kenamaan KMK Online, mulai dari Liputan6.com, Bintang, dan Bola. "Semua akan embed via aplikasi AS 2 in 1. Jadi, ini semacam aplikasi kurator," timpalnya.

Walau demikian, AS 2in1 juga bisa digunakan sebagai "media" komunikasi telepon bagi pengguna untuk menghubungi kerabat keluarga yang ada di Indonesia, serta sebaliknya.

Sebab, Telin menyisipkan nomor Telkomsel di dalam AS 2in1. Jadi, anggota keluarga yang hendak menghubungi kerabatnya di luar Indonesia tak perlu lagi takut dengan tarif yang mahal karena mereka akan dikenakan tarif lokal.

"Biar bagaimanapun, orang Indonesia kan butuh berkomunikasi dengan keluarganya. Orang Indonesia yang ada di Hong Kong, 90 persen lebih adalah TKI. Selama ini kan mereka telepon ke Indonesia, belum pernah ditelepon. Nah, kini kerabat dan keluarga yang ada di Indonesia bisa menelepon mereka yang ada di Hong Kong dengan tarif lokal," tandasnya.

Kemitraan strategis ini pun disambut baik oleh KMK Online. Diwakilkan Karaniya Dharmasaputra selaku President Director Liputan6.com, pihaknya berharap kemitraan terus berlanjut dengan inovasi-inovasi terbaru Telin yang bisa dimanfaatkan pengakses konten lokal di luar Tanah Air.

"Kami mengucapkan terima kasih dengan kemitraan strategis yang telah terjalin. Bagi saya pribadi, ini bisa menjadi langkah strategis devisa yang bisa dibawa ke luar Indonesia," kata pria yang akrab disapa Kara tersebut.

Sekadar informasi, pelanggan AS 2in1 kini telah mencapai 2.000 pengguna. Telin menargetkan 6.000 pengguna aktif per bulan. Selain itu, perusahaan juga menargetkan pengguna baru lebih banyak di wilayah Macau, Taiwan, dan negara-negara Telin beroperasi.

Hingga kini, Telin sudah beroperasi di sepuluh negara. Sebagai anak usaha Telkom yang mengelola bisnis telekomunikasi di luar negeri, bentuk bisnis yang dimasuki Telin beragam, mulai dari mobile virtual network operator (MVNO), BPO, operator seluler, hingga layanan pengiriman uang (remitansi).

(Jek/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Telkomsel Hadirkan Platform Iklan untuk Segmen UKM
Artikel Selanjutnya
Ubah Model Bisnis, Startup Lokal Qiscus Hadir dengan Wajah Baru