Sukses

Menteri Komunikasi Samoa Akui Terpikat dengan Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Samoa, Afamasaga Lepuiai Rico Rupai melakukan kunjungan ke Indonesia pada pekan ini, tepatnya pada HUT ke-72 Kemerdekaan RI.

Rico Tupai juga bertemu langsung dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Merdeka. Untuk informasi, kunjungan tersebut adalah kunjungan balasan dari delegrasi Indonesia ke Samoa beberapa waktu lalu.

Dalam pernyataan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com pada Minggu (20/8/2017), Rico Tupai mengakui kekagumannya terhadap Indonesia.

Ia terpikat dan terpesona dengan megahnya perayaan kemerdekaan dan pembangunan infrastruktur di Jakarta. Apalagi, hubungan bilateral Indonesia dengan Samoa selama ini terjalin erat.

Rico Tupai juga melakukan pertemuan dengan berbagai pejabat pemerintah Indonesia, di antaranya Wakil Menteri Luar Negeri, Menteri Perdagangan, pengelola Jakarta Smart City dari Pemprov DKI, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia, pengusaha Chairul Tanjung, serta beberapa pengusaha UKM, terutama penghasil keripik cassava dan umbi-umbian.

Pekan lalu, tepatnya pada 9 Agustus 2017, Menteri Pertanian dan Perikanan Samoa Leuatea Polataivao Fossie Schmidt Laauli, juga bertemu dengan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Hasil pertemuan mengungkap inisiatif kerja sama bidang pertanian, di antaranya seperti suplai beras dari lahan pertanian di Indonesia Timur, serta pelatihan peningkatan kapasitas petani dan petugas pertanian.

Tak cuma kerja sama dengan pertanian, kerja sama teknik Indonesia-Samoa juga meliputi bidang inkubator UKM, ecotourism, penanggulangan bencana, workshop on dispute settlement mechanism on investment, dan Bandung Spirit Program.

Samoa merupakan negara pertama di Pasifik yang mendapat kemerdekaan dari Selandia Baru, yakni pada 1 Januari 1962. Sumber pemasukan terbesar perekonomian Samoa berasal dari bantuan luar negeri, di mana Selandia Baru merupakan salah satu negara pendonor.

Untuk meningkatkan pembangunan ekonomi, pemerintah Samoa pun mencanangkan Strategy for Development of Samoa 2016-2020, yang fokus pada pembangunan berkelanjutan dan inklusif serta ICT.

Pada 2017-2018, Samoa akan memegang keketuaan Pasific Islands Forum (PIF) dan menjadi tuan rumah pertemuan tingkat tinggi para kepala negara di wilayah Pasifik di Asia pada 4-8 September 2017

(Jek/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Alasan Anggota DPR Tolak Keterlibatan Jack Ma Bantu Indonesia
Artikel Selanjutnya
ASEAN di Mata Nicholas Saputra dan Chelsea Islan