Sukses

Facebook Siapkan Kacamata Pintar Transparan

Rencananya, kaca ini akan disematkan pada kacamata VR Facebook. Kaca ini menggunakan teknologi waveguide,

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa media sosial Facebook mulai menggarap konsep baru di bidang Virtual Reality (VR). Mereka dikabarkan sudah membuat kaca transparan tipis yang bisa menghadirkan benda maya di dunia nyata.

Rencananya, kaca ini akan disematkan pada kacamata VR Facebook. Kaca tersebut menggunakan teknologi waveguide, sebuah perangkat yang membatasi dan mengalirkan gelombang mikro dengan pemindai dua dimensi.

Awalnya, konsep ini dikembangkan oleh Pasi Saarikko, seorang ilmuwan yang membantu Microsoft mengembangkan gadget, salah satunya adalah HoloLens, VR headset saingan Oculus. Secara mengejutkan, Saarikko mematenkan desain kacamata VR Facebook setelah pindah ke Oculus.

Sebagai informasi, Oculus adalah anak perusahaan Facebook. Tidak heran, Oculus membantu Facebook untuk mematangkan konsep ini. Demikian seperti dikutip dari laman The Sun, Senin (21/8/2017).

Sebelumnya, Mark Zuckerberg pernah mengatakan kacamata pintar bisa membantu orang-orang untuk ‘terhubung.’ Tidak heran, kacamata ini bisa digunakan di Facebook Space, sebuah media sosial VR yang memungkinkan pengguna hidup di simulasi komputer

Dengan kacamata VR Facebook, nantinya pengguna bisa berinteraksi dengan teman, berkumpul di satu ruangan virtual, meskipun secara fisik tidak dalam satu ruangan yang sama. Asiknya, pengguna bisa bermain di taman bermain virtual, bahkan naik jet coaster bersama.

Tidak hanya seputar Facebook, kacamata ini juga memungkinkan pengguna melihat objek virtual di sekitarnya, misalnya monster dari gim Pokemon Go.

(Theofilus Ifan Sucipto/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.