Sukses

Trik Bikin Foto HDR Keren Pakai Kamera Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan smartphone saat ini menyediakan modus HDR. Namun terkadang hasilnya tidak sesuai harapan pengguna.

Maka itu, aplikasi pihak ketiga dapat menjadi alternatif untuk menghasilkan foto HDR keren. Di Play Store, ada cukup banyak aplikasi kamera dan olah foto HDR, tetapi kali ini kami merekomendasikan Snapseed.

Ya, aplikasi buatan Google ini sebetulnya tak hanya bisa dipakai untuk mengolah foto HDR, tetapi juga memiliki banyak fitur lainnya, seperti lens blur untuk membuat efek bokeh, retrolux, vintage, dan sebagainya.

Lantas, bagaimana cara membuat foto HDR di Snapseed, simak rangkumannya berikut ini.

Langkah pertama, unduh dan buka aplikasi Snapseed yang bisa kamu temukan di Play Store. Kemudian pilih foto yang hendak diedit dengan tap pada area layar mana pun.

Setelah itu, kamu akan mendapati menu Tools, Filters, dan Face. Gulir ke bawah untuk menemukan HDR Scape, lalu tap.

Snapseed menyediakan empat macam filter HDR, yakni Nature, People, Fine, dan Strong.

Pilih filter HDR sesuai yang kamu inginkan, tetapi di contoh ini kami memilih Nature. Atur seberapa kuat filter HDR yang hendak diterapkan.

Langkah selanjutnya, kami menggunakan Curve yang tersedia di Tools. Kamu yang akrab dengan Photoshop di Windows pasti tahu fungsi Curve untuk apa, bukan? Setel kurva sesuai kebutuhan kamu.

Berikutnya kamu bisa menggunakan Tools lainnya yang kamu perlukan. Di contoh ini kami menerapkan Crop rasio 16:9.

Bila kamu merasa hasil akhir foto cukup, tap tombol tanda panah ke bawah, lalu pilih "Save". Kamu bisa juga memilih "Share" untuk membagikannya langsung, misalnya ke Instagram.

Selesai! Sekarang giliran kamu untuk membuat foto HDR keren di aplikasi Snapseed.

(Why/Cas) 

Artikel Selanjutnya
Tren Makeup Terbaru, Alis Kepang yang Unik
Artikel Selanjutnya
7 Desain Barcode Paling Kreatif yang Jarang Kamu Temukan