Sukses

Kembali Bangkit, Ini 4 Smartphone Android Terbaru Nokia

Liputan6.com, Jakarta - Merek Nokia mulai bangkit kembali di pasar smartphone berkat sejumlah produk yang dirilis oleh HMD Global Oy (HMD). HMD merupakan pemegang lisensi eksklusif merek Nokia untuk ponsel dan tablet.

HMD pada tahun ini telah merilis empat smartphone berbasis sistem operasi (OS) Android. Keempat smartphone itu adalah Nokia 3, 5, 6 dan 8.

Nokia 3, 5 dan 6 diumumkan oleh HMD dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 di Barcelona pada Februari 2017 dan telah dijual di sejumlah negara.

Beberapa bulan lalu, HMD mengatakan, Nokia 3 dibanderol sekira 139 Euro , Nokia 5 seharga 189 Euro, dan Nokia 6 dengan harga 229 Euro.

Sedangkan Nokia 8 yang merupakan flagship pertama dari HMD, diumumkan pada 16 Agustus 2017 di London, Inggris. Nokia 8 diprediksi mulai dijual di Eropa pada September 2017.

Untuk lebih lengkap, berikut keempat smartphone Android Nokia tersebut:

1. Nokia 3

Nokia 3 (Foto: HMD)Nokia 3 merupakan smartphone Android paling bungsu dan spesifikasinya paling rendah dari Nokia 5, 6 dan 8. Smartphone ini dibekali layar 5 inci, RAM 2GB, dan memori internal 16GB. Kinerjanya didukung prosesor quad-core MediaTek 6737.

Kemampuan fotografi ponsel ini ditopang kamera utama dan depan dengan resolusi yang sama yaitu 8MP. Kapasitas baterainya adalah 2.630 mAh.

Nokia 3 tersedia dalam beberapa varian warna yaitu Silver White, Matte Black, Tempered Blue, dan Copper White.

2. Nokia 5

Nokia 5 (Foto: HMD)Smartphone ini memiliki bentang layar 5,2 inci (720 x 1.280 piksel), sedikit lebih kecil dari Nokia 6. Sama seperti Nokia 3, Nokia 5 dibekali RAM 2GB dan memori internal 16GB.

Nokia 5 dilengkapi prosesor octa-core Qualcomm Snapdragon 430. Spesifikasi lainnya termasuk kamera utama 13MP, kamera depan 8MP, dan baterai 3.000mAh.

Nokia 5 memiliki empat pilihan warna yaitu Tempered Blue, Silver, Matte Black, dan Copper.

3. Nokia 6

Nokia 6 (Foto: HMD)Nokia 6 memiliki layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel. Performanya ditunjang RAM 3GB, memori internal 32GB, dan prosesor octa-core Snapdragon 430. Selain itu, juga ada versi RAM 4GB dengan memori internal 64GB.

Untuk urusan fotografi, Nokia 6 dibekali kamera utama 16MP dengan dual tone flash. Sementara kamera depannya 8MP dengan fitur autofokus dan wide-angle.

Nokia 6 juga teredia dalam berbagai balutan warna yaitu Arte Black, Matte Black, Tempered Blue, Silver, dan Copper.

4. Nokia 8

Nokia 8 (Foto: HMD)Smartphone ini dibekali prosesor octa-core Snapdragon 835, RAM 4GB, dan memori internal 64GB yang dapat diperbesar dengan microSD. Adapun spesifikasi itu juga didukung dengan layar berukuran 5,3 inci. Dari sisi desain, perangkat ini sekilas mengingatkan pada seri Lumia kelas premium.

Sementara untuk software, Nokia 8 sudah menjalankan Android 7.1.1 Nougat. Meski melakukan sejumlah kustomisasi pada tampilan software, HMD memastikan pengalaman menggunakan perangkat ini tak ubahnya Android stock. Karena itu, perusahaan tak menghadirkan banyak bloatware.

Untuk pengambilan gambar, Nokia 8 memilik dual kamera belakang dengan resolusi 13MP yang masing-masing berfungsi untuk menangkap gambar berwarna dan hitam-putih, serta kamera depan 13MP. Kedua kameranya menggunakan lensa Zeiss dan sudah mendukung perekam video 4K.

Rencananya, smartphone yang dibanderol sekitar Rp 9,3 juta ini mulai dipasarkan bulan depan. Ada empat pilihan warna yang tersedia yaitu Polished Blue, Polished Copper, Tempered Blue, and Steel.

(Din/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
BlackBerry Segera Rilis Smartphone dengan Fitur Tahan Air
Artikel Selanjutnya
3 Fitur Nokia 8 yang Bakal Bikin Kamu Terpikat