Sukses

Cara Menyaksikan Gerhana Matahari Total 2017

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena gerhana matahari total akan kembali berlangsung pada hari ini, Senin (21/8/2017). Amerika Serikat (AS) akan menjadi wilayah yang bisa menyaksikan fenomena tersebut secara menyeluruh.

Menariknya, gerhana matahari total yang terjadi kali ini akan menjadi gerhana yang terakhir untuk waktu yang sangat lama.

Menurut keterangan ilmuwan, gerhana matahari total akan kembali muncul dan bisa dilihat dari Bumi setidaknya sekitar 600 juta tahun dari sekarang. Karena itu, peristiwa istimewa ini tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Walau demikian, bukan berarti penduduk Bumi di berbagai belahan dunia tidak bisa menyaksikan gerhana matahari total. Ada sejumlah cara yang bisa dimanfaatkan dari gadget untuk bisa mengintip keajaiban dari gerhana matahari total.

Berikut cara menyaksikan gerhana matahari total 2017 sebagaimana Tekno Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

Siaran Langsung NASA

NASA memastikan akan menyiarkan proses gerhana matahari total secara live streaming. Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut akan menyiarkan proses gerhana matahari total pada waktu 12.00-13.00 (waktu setempat).

Selain itu, NASA akan melakukan siaran dari 12 lokasi yang berbeda di AS. Mereka pun akan menggunakan 57 buah wahana high-altitude balloon, pesawat penelitian, serta teleskop untuk mengabadikan penampakan gerhana.

Dengan begitu, penduduk Bumi dari segala penjuru--termasuk Indonesia--bisa langsung menyaksikan peristiwa gerhana matahari total yang diprediksi berlangsung selama 2 menit 38 detik di platform UStream serta sejumlah channel media sosial NASA, seperti Facebook.

Kamu juga dapat mengunjungi situs web NASA EDGE di tautan ini untuk bisa menyaksikan persiapan hingga prosesi gerhana matahari total.

 

1 dari 2 halaman

Virtual Reality

Untuk bisa menyaksikan peristiwa gerhana matahari total lebih realistis, kamu juga bisa menjajal teknologi Virtual Reality (VR) yang disediakan CNN.

Diketahui, CNN bekerja sama dengan Volvo untuk menampilkan siaran langsung gerhana matahari total dalam balutan visual 360 derajat.

Penasaran? Kamu bisa langsung beranjak ke tautan ini untuk bisa melihat gerhana matahari total dalam balutan VR.

(Jek/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Ngeri, Ini yang Terjadi Bila Kamera Terpapar Gerhana Matahari
Artikel Selanjutnya
Donat hingga Anjing, Kala Gerhana Matahari AS Jadi Target Guyonan