Sukses

2 Smartphone Pertama yang Kebagian Android Oreo, Apa Saja?

Liputan6.com, Mountain View - Terungkap sudah nama resmi dari Android O. Google, pada Senin (21/8/2017) waktu setempat, mengumumkan nama resmi sistem operasi teranyarnya bersamaan dengan momen gerhana matahari total di Amerika Serikat (AS). Nama resminya adalah Oreo. Ya, nama biskuit coklat vanila manis yang sangat populer.

Nah, karena sudah diperkenalkan, kapan Android Oreo akan menyambangi pengguna smartphone? Google berujar, sistem operasi Android 8.0 itu akan lebih dulu menyambangi smartphone Google yang notabene menjadi prioritas.

Seperti dilansir Android Authority, Selasa (22/8/2017), Android Oreo akan menyambangi dua lini smartphone Google: Pixel dan Nexus.

Adapun serinya meliputi Pixel, Pixel XL, tablet Pixel C, Nexus 6P, Nexus 5X, dan Nexus Player. Jika pengguna seri smartphone ini sudah menggunakan Android Beta Program, otomatis smartphone akan langsung meng-update ke versi Android Oreo final.

Google mengungkap pihaknya akan menggulirkan Android Oreo ke sejumlah smartphone Android lain pada akhir 2017. Adapun vendor yang sudah bermitra dengan Google untuk pembaruan ini antara lain Huawei, HTC, Essential, General Mobile, HMD Global, Kyocera, LG, Motorola/Lenovo, Samsung, Sharp, dan Sony.

Android Oreo memboyong sejumlah penyegaran fitur dan performa yang tentunya diklaim lebih baik. Ia akan menghadirkan fitur kemampuan pembatasan aplikasi di background sehingga meningkatkan daya tahan baterai lebih prima.

Selain itu, sistem operasi ini pun akan menggulirkan peningkatan kualitas audio via Bluetooth, serta meluncurkan fitur keamanan Google Play Protect.

Adapun perubahan antarmuka lain meliputi tampilan dot notifikasi yang lebih atraktif, dukungan modus picture-in-picture untuk split layar smartphone menjadi dua, kehadiran 60 emoji baru, serta beberapa perubahan tampilan visual minor lainnya.

(Jek/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Top 3: Gamer Pokemon Go Pergoki Pasangan Mesum Paling Hits
Artikel Selanjutnya
Kode Tersembunyi di Android Oreo Ungkap Fitur Menarik, Apa Itu?