Sukses

Ini Alasan Google Usung Nama Oreo di Android 8.0

Liputan6.com, Mountain View - Google akhirnya resmi mengumumkan nama "O" dari Android O . Kali ini, raksasa teknologi asal Negeri Paman Sam itu memilih Oreo sebagai nama resminya.

Untuk informasi, Oreo adalah biskuit coklat berisikan krim vanilla dengan bentuk lingkaran dipadankan ukiran yang khas. Oreo sendiri merupakan merek lisensi Nabisco dan diproduksi oleh perusahaan camilan Mondelez. Lantas, apa alasan Google akhirnya memutuskan Oreo untuk menjadi nama Android O?

Menurut informasi yang dilansir The Washington Post pada Selasa (22/8/2017), alasan Google memilih nama Oreo tak lain karena ingin membawa nama Oreo lebih dikenal banyak orang.

Seperti diungkap juru bicara Mondelez Valerie Moens, kerjasama antara Google dan Oreo benar-benar bertujuan branding semata. "Google tidak membayar kami untuk menggunakan nama Oreo. Ini murni kerjasama branding," kata Moens.

Kerjasama tersebut, lanjut Moens, juga akan menjadi inisiatif utama Google untuk membawa Android dan Oreo sebagai brand yang lebih menyenangkan di mata publik.

"Kami ingin menciptakan pengalaman yang inovatif dan playful untuk penggemar Oreo dan Android. Nanti, bisa saja ada Oreo kemasan khusus Android. Atau dari sisi Android, akan ada merchandise khusus Android Oreo. Ke depannya, pasti bakal banyak kejutan dari kami," tandasnya.

Di saat yang sama, Sagar Kamdar selaku Director Product Management Android di Google, mengungkap alasan lain mengapa perusahaan memilih Oreo. Alasannya, saat mengembangkan Android 8.0, banyak engineer Google mengudap Oreo saat lembur.

"Di microkitchen Google, ada Oreo. Teknisi kami selalu ngemil Oreo dengan susu," ungkap Kamdar.

Google sendiri dikenal kerap menggunakan nama camilan manis untuk sistem operasinya. Sebelumnya, nama sistem operasi Android 7.0 Nougat, diambil dari nama camilan manis yang dibuat dengan gula atau madu, ditambah kacang atau buah-buahan kering. Rasanya sedikit lebih mirip cokelat Snickers dan Mars, tapi porsinya lebih kecil.

Sistem operasi robot hijau yang muncul secara alfabetis ini selalu hadir dengan nama-nama unik dan menarik. Sebut saja Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, hingga Oreo.

(Jek/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Kode Tersembunyi di Android Oreo Ungkap Fitur Menarik, Apa Itu?
Artikel Selanjutnya
Google Pixel 2 Bakal Meluncur 6 Oktober 2017?