Sukses

Duo Aplikasi Pilihan untuk Para Pecinta Buku

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi melahirkan sejumlah jejaring sosial populer seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Namun di luar ketiganya, ada beberapa jejaring sosial yang ditargetkan untuk kalangan tertentu termasuk para pecinta buku.

SebagianĀ besar pecinta buku memiliki dua persamaan. Pertama, mereka menyukai buku bagus dan yang kedua adalah senang membagikan berbagai informasi mengenai buku tersebut kepada teman-temannya.

Para pecinta buku juga kerap bergabung dengan klub buku dan kelompok membaca. Oleh sebab itu, tidak mengejutkan melihat kecintaan mereka terhadap buku berlanjut ke kehidupan digital.

Saat ini ada beberapa jejarig sosial untuk para pcinta buku. Mereka menggunakannya bukan hanya untuk mencari buku terbaru, tapi juga saling berbagi informasi berupa review.

Dikutip dari Lifewire, RabuĀ (23/8/2017), dari sejumlah jejaring sosial tersebut, ada dua yang cukup populer, yaitu Goodreads dan LibraryThing.

1 dari 3 halaman

Goodreads

Goodreads (Foto: Ist)

Tujuan dari Goodreads adalah membantu para penggunannya menemukan buku-buku bagus untuk dibaca. Para pengguna bisa saling memberikan informasi tentang buku baru, berdasarkan yang mereka baca atau pernah dibaca oleh teman-temannya.

Selain itu, para pengguna tidak terjebak dengan buku yang tidak sesuai dengan selera mereka. Sebagai sebuah jejaring sosial pecinta buku, Goodreads memungkinkan penggunanya untuk membuat daftar buku, memberi peringkat dan review. Pengguna juga bisa mencari tahu buku yang disukai oleh teman-temannya, sesama pengguna Goodreads.

Jejaring sosial milik Amazon yang berdiri sejak 2006 ini, bisa diakses melalui situs web. Selain itu, Goodreads juga tersedia dalam bentuk aplikasi mobile untuk pengguna Android dan iOS.

2 dari 3 halaman

LibraryThing

LibraryThing (Foto: Ist)

Para pecina buku juga bisa jatuh cinta pada LibraryThing. Serupa dengan Goodreads, jejaring sosial ini juga merupakan media yang bagus untuk mengatur daftar bacaan.

Platform buku ini berfungsi sebagai katalog perpustakaan dengan total pengguna lebih dari dua juta. Para pengguna pun bisa memberikan review tentang buku yang sudah mereka baca. Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan layanan yang meluncur pada 2005 tersebut untuk membuat katalog film dan musik.

Sama seperti Goodreads, LibraryThing bisa diakses melalui situs web. Jejaring sosial ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi untuk perangkat Android dan iOS.

Jika kalian termasuk pecinta buku, tak ada salahnya menggunakan salah satu atau kedua jejaring sosial ini. Aplikasi Goodreads dan LibraryThing bisa diunduh secara gratis di Android dan iOS.

(Din/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik
Artikel Selanjutnya
5 Aplikasi Penerjemah Terbaik untuk Traveler