Sukses

Ini 3 Cara Tangkal Hater di Internet

Liputan6.com, Jakarta - Haters gonna hate atau pembenci akan tetap membenci, ungkapan ini cukup sering terdengar di ranah internet. Sudah bukan rahasia seiring perkembangan jejaring sosial, pesan untuk membangkitkan tanggapan emosional atau kemarahan, banyak bertebaran di internet.

Para pengirim pesan itu kerap disebut sebagai hater di internet. Para hater ini menyerang siapa saja yang tidak disukai. Mereka bahkan tak keberatan menggunakan identitas asli untuk menyerang.

Selain merusak citra orang lain, tujuan lain para hater adalah mendapatkan perhatian. Bahkan ketika kalian merespon pesan negatif itu dengan candaan, mereka tetap merasa senang. Artinya, mereka berhasil menarik perhatian.

Memang sulit menghentikan hater. Kemungkinan satu-catunya cara untuk mencegah kebencian online adalah mengikuti nasihat klasik yang berbunyi, "jangan lakukan, katakan dan menjadi apa pun".

Kalian memang tidak bisa memprediksi kapan akan menjadi target hater. Namun, ada sejumlah langkah sederhana untuk mengatasi hater, seperti dilansir Inc, Kamis (24/8/2017).

1. Jangan Respons

Jangan pernah menanggapi pesan apa pun yang dikirim oleh hater, bahkan jika kalian menyampaikannya dengan sopan. Abaikan mereka. Ketika tidak ada yang menanggapi, biasanya mereka akan bosan dan pergi.

Memang bukan perkara mudah mengabaikan pesan-pesan negatif tentang kalian, apalagi jika tersebar luas di internet dan bisa dibaca orang lain. Jika kalian termasuk orang yang susah menahan amarah, sebaiknya istirahat sejenak dari dunia maya. Lakukan hal itu sesering mungkin jika hater terus mencecar dengan pesan-pesan mereka.

 

1 dari 2 halaman

Ini 3 Cara Tangkal Hater di Internet (II)

2. Hapus Komentar Negatif

Jika hater terus menerus mengirim pesan di akun media sosial seperti Facebook, YouTube atau blog, solusi sederhananya adalah hapus komentar tersebut. Terutama jika pesan-pesan tersebut berkaitan dengan kekerasan, seksisme, rasis atau homofobia.

Perlakukan hater di ruang online kalian seperti di dunia offline. Jika mereka tidak menghargai, maka kalian bisa menjauh.

3. Blokir Akun Hater

Mengontrol percakapan di media sosial memang bukan perkara mudah. Jika banyak komentar sudah di luar kendali, sebaiknya blokir akun-akun yang dianggap mengganggu tersebut.

Memblokir akun hater merupakan cara jitu, jika mereka tetap saja berkicau tentang berbagai hal negatif yang mengganggu. Karena tentunya tidak ada satu orang pun yang ingin dimaki setiap hari, kan?

Tiga cara di atas bisa kalian ikuti, jika hater terus mengganggu dengan berbagai komentar negatif mereka.

(Din/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
5 Fakta Media Sosial yang Mengubah Dunia
Artikel Selanjutnya
Ini 4 Tips Lindungi Informasi Pribadi di Dunia Maya