Sukses

Daftar Smartphone Xiaomi yang Dapat Fitur Split Screen di MIUI 9

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna smartphone Xiaomi pasti sedang menunggu perangkatnya mendapat pembaruan MIUI 9. Antarmuka tersebut menghadirkan sejumlah fitur baru, salah satunya adalah kemampuan Split Screen.

Sayangnya menurut laporan yang Tekno Liputan6.com kutip dari Gizmochina, Rabu (23/8/2017), tidak semua smartphone yang dapat pembaruan MIUI 9,, juga kebagian fitur Split Screen.

Artinya, meskipun smartphone kamu kebagian MIUI 9, bisa jadi fitur Split Screen tetap tak akan bisa dipakai di smartphone tersebut.

Terbaru, Xiaomi merilis daftar smartphone Xiaomi yang akan kebagian fitur Split Screen pada MIUI 9. Sayangnya, dari 35 model, hanya 16 model smartphone Xiaomi yang bisa mengakses fitur Split Screen.

Alasannya sederhana, karena fitur Split Screen hanya tersedia pada Xiaomi yang telah menjalankan OS Android 7.0 Nougat. Sementara, OS yang lebih rendah tak akan bisa mendukung Split Screen.

Ke-16 model smartphone Xiaomi yang kebagian fitur Split Screen adalah Mi MIX, Mi Note 2, Mi 6, Mi Max, Mi Max 2, Mi 5, Mi 5s, Mi 5s Plus, Mi 5c, Mi 5x, Mi 4s, Mi 4c, Mi Note, Redmi Note 4x, Redmi 4x, dan Mi 3.

	Fitur Split Screen pada smartphone Xiaomi dengan antarmuka MIUI 9 (Sumber: Gizmochina)

1 dari 2 halaman

Menjajal MIUI 9

Sekadar diketahui, Xiaomi baru saja meluncurkan MIUI 9 versi beta untuk untuk pengguna global. Di tahap pertama, perusahaan asal Tiongkok itu baru menggulirkan pembaruan untuk Mi 6 dan Redmi Note 4/4X.

Tekno Liputan6.com kemudian menjajal pengalaman memakai tampilan antarmuka baru besutan Xiaomi ini. Pada ulasan kali ini, kami menggunakan Mi 6 yang sebelumnya menjalankan MIUI 8 Global beta.

Selama penggunaan dengan sistem anyar ini, kami merasakan pengalaman yang terbilang cukup meningkat. Meski masih berstatus beta, transisi antaraplikasi ternyata dilakukan dengan cepat.

Tampilan dari MIUI 9 di Mi 6 (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Tak hanya dari sisi performa, MIUI 9 hadir dengan tampilan ikon dan wallpaper baru. Selain ikon anyar, tak ada perubahan berarti yang ditawarkan Xiaomi dari sisi tampilan. Salah satu fitur yang dicoba adalah Split Screen. Fitur ini memang baru pertama kali hadir di perangkat Xioami lewat MIUI 9.

Berdasarkan pengalaman, fitur ini dapat berjalan lancar dan cukup mudah diaktifkan. Sayangnya, fitur anyar lain seperti Smart Assistant dan Smart App Launcher belum tersedia di versi global ini.

Beberapa pembaruan di MIUI 9 adalah deep level optimization, ikon dan animasi baru, pengaturan layar Home yang lebih sederhana, Split Screen, tombol volume untuk akses modus senyap serta peningkatan kemampuan baca di laman Messaging.

(Tin/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Essential Phone Ternyata Paling Sulit Diperbaiki
Artikel Selanjutnya
Ini Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi A1